Untuk kebutuhan pendidikan sekolah diperlukan informasi yang baik dan lengkap. Sistem informasi sekolah menggunakan website secara online sudah menjadi kebutuhan sekolah saat ini. Namun website sekolah kebanyakan masih kaku dalam menyajikan informasi.

Berikut adalah informasi-informasi yang penting ditampilkan di website sekolah anda:

  1. Profil sekolah
  2. Data siswa
  3. Data guru dan karyawan
  4. Data kegiatan siswa
  5. Fasilitas sekolah
  6. Pengumuman-pengumuman penting
  7. Informasi kontak sekolah dan alamat sekolah
  8. dll

Sistem informasi akademik sekolah

Selain menampilkan informasi, website sekolah juga mestinya memiliki sistem informasi yang baik untuk internal sekolah. Sistem informasi akademik sekolah dapat membantu dalam manajemen sekolah. Namun untuk membangun ini diperlukan kreatifitas sekolah sesuai kebutuhan. Satu sekolah dengan sekolah lainnya berbeda dalam penerapannya. Berikut ini adalah gambaran sistem informasi akademik sekolah yang dapat dibangun:

  1. Input nilai oleh guru. Setiap guru diberikan hak akses login ke website untuk menginput nilai siswa.
  2. Rekapitulasi nilai, sistem sekolah dapat menampilkan rekapitulasi nilai siswa per kelas, sehingga dapat mempermudah walikelas dalam membuat rapor siswa.
  3. Pembagian kontrak mengajar antara siswa-guru-mata pelajaran.
  4. Database siswa. Dengan adanya database siswa yang berbasis data terstruktur maka akan mudah bagi sekolah mengelola siswa dan kelas.
  5. Database guru dan karyawan.
  6. Sistem pendaftaran siswa baru. Dengan menyediakan sistem pendaftaran siswa baru online maka dapat mempermudah bagi calon siswa baru untuk mendaftar.

Melibatkan guru dan siswa dalam memanfaatkan website sekolah

Strategi yang dapat menarik minat siswa dan guru untuk mengases website sekolah dengan menganjurkan kepada guru untuk menulis artikel-artikel tentang mata pelajaran yang dapat dipublish di website sekolah. Selain itu guru dapat mengupload file-file penting materi pelajaran ke website sekolah dan mewajibkan kepada siswa-siswa untuk mendownload materi tersebut ke website sekolah.

Siswa dapat diminta untuk membuat artikel pelajaran yang baik sehingga dapat dipilih yang terbaik akan dipublish ke website sekolah. Siswa juga dapat membuat vidoe kreatifitas atau karya lainnya yang dapat ditampilkan ke website.

Menyediakan fitur interaktif di website sekolah

Perlu disediakan fitur interaktif di website sekolah. Untuk mendukung hal ini diperlukan seorang operator yang selalu online atau no kontak yang dapat dihubungi melalui chat. Hal ini akan membuat website terlihat hidup dan selalu update.

Cara membuat website sekolah

Untuk membuat wesbite sekolah hal-hal yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut.

  1. Domain SCH.ID. Syarat untuk domain SCH.ID dapat dilihat disini -> https://pandi.id/domain/syarat-pendaftaran/
  2. Menyediakan server atau hosting.
  3. Menyiapkan website dan sistem informasi sekolah. Paket ini bisa anda dapatkan disini => Script Webiste Sekolah
  4. Didalam paket website sekolah tersebut telah disediakan panduan cara install dan pengelolaan dengan mudah tinggal dipakai saja. Pengelolaan website cukup mudah karena dirancang khusus untuk sekolah dengan pengaturan yang sudah disederhanakan sehingga sangat mudah dimengerti tanpa harus banyak belajar lagi, cukup dengan kemampuan dasar komputer dan internet saja.

scriptwebsitesekolah

Penutup

Untuk membangun webiste sekolah yang baik memang diperlukan komitmen bersama. Kepala sekolah dapat saja menunjuk satu orang pengeola website namun berdasarkan pengalaman kita hal ini tidak akan berjalan dengan baik kalau hanya dibebankan kepada satu orang saja. Dengan membuat sistem dan aturan yang baik mengenai pengelolaan website sekolah akan dapat menjaga keberlangsungan website tersebut dan banyak manfaat yang bisa didapat.

(Visited 2,562 times, 1 visits today)