Untuk mempromosikan wisata daerah secara online maka pemerintah daerah atau pemerintah kota perlu memiliki media khusus seperti website. Keberadaan website untuk mempromosikan wisata memang sudah tidak populer lagi saat ini. Namun website wisata harus ada. Dan jika kita bisa mengelola website dengan baik dengan strategi dan kemasan yang baik maka bisa jadi ujung tombak promosi wisata.

Pentingnya website untuk promosi wisata

Pada awalnya saya pernah coba bikin website namanya www.ilovesungaipenuh.com yang sebenarnya sekedar hobi saja untuk mengangkat isu-isu unik di daerah. Karena kebanyakan media informasi/berita daerah saya lihat isinya masih dominan berita tentang politik dan kriminal. Jadi seolah yang banyak diangkat di media online adalah yang jelek-jeleknya saja. Padahal banyak info menarik yang bagus-bagus yang bisa kita angkat seperti wisata dan bisnis. Jadi setelah online beberapa bulan dari situs saya ilovesungaipenuh.com sudah ada yang hubungi saya untuk minta bantuan berkunjung ke sungai penuh. Lalu saya atur transportasi dan penginapan untuk mereka sehinga mereka nyaman. Nah itulah pentingnya kita memiliki website untuk mempromosikan wisata daerah.

Apa yang perlu diinformasikan?

Sekarang orang sudah pintar cari informasi di internet jadi harusnya kita sajikan informasi yang kualitasnya lebih bagus. Kalau saya lihat informasi wisata daerah itu biasanya standar2 saja. Hanya sekedar formalitas saja tidak ada daya tariknya bagi pengunjung. Nah jika kita bisa mengemas informasi dengan baik maka akan memberikan kesan yang baik bagi pengunjung.

Informasi yang wajib disampaikan seperti info tentang objek wisata, sarana, transportasi, jalur akses, penginaman, kuliner dan sebagainya. Selain itu harus ditambah dengan informasi-informasi lain seperti pusat belanja, keunikan budaya, dan info-info unik seputar pengalaman berwisata. Pemda dapat menyewa pihak swasta untuk mengisi konten website secara berkala dan terupdate agar pembaca senang membacanya.

Sajian informasi juga perlu diperhatikan dari aspek tata bahasanya. Jangan terlalu formal, dibuat seringan mungkin orang membacanya, dipadu dengan foto-foto kualitas bagus dan multimedia vidoe yang bagus.

Website tidak sekedar info wisata tapi juga info bisnis

Pada prinsipnya sebuah website tidak akan hidup kalau tidak ada pengunjungnya. Sebagus apapun websitenya tidak akan bermanfaat kalau sepi pengunjung. Orang mau mengunjungi website kita tentu kalau websitenya bermanfaat. Nah kalau mengandalkan info wisata saja tentu tidak banyak orang yang butuh info tersebut. Jadi strategi yang bisa ditempuh adalah memasang info bisnis lokal dengan cara menginformasikan usaha-usaha atau kios-kios atau toko-toko di daerah secara lengkap di halaman-halaman website kita. Sehingga mereka pemilik dan orang-orang daerah akan senang mengunjungi website tersebut. Hal ini akan meningkatkan trafik website kita dan akan menjadi semakin populer.

…. sampai disini dulu nanti disambung…

(Visited 234 times, 1 visits today)