PENDAHULUAN

Dengan dikeluarkannya Keppres Nomor 91 Tahun 1999 dan Perpres Nomor 33 Tahun 2012 maka keanggotan JDIH meliputi seluruh Kementerian, Lembaga, Pemerintah daerah Kabupaten/Kota; Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama; Pusat Dokumentasi pada Perguruan Tinggi di Indonesia; Lembaga-lembaga lain yang bergerak di bidang pengembangan dokumentasi dan informasi hukum yang ditetapkan oleh Menteri Kehakiman (baca Hukum dan HAM).

DASAR HUKUM

  1. Keputusan Presiden Nomor 91 Tahun 1999 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional
  2. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2012 Tentang Jaringan Dokumentasi Dan Informasi Hukum Nasional.

 

MAKSUD DAN TUJUAN

  1. Menawarkan aplikasi JDIH Online yang sudah siap digunakan.
  2. Memberikan pembinaan mengenai cara pengelolaan JDIH.

 

GAMBARAN UMUM SISTEM

Aplikasi JDIH Online ini merupakan sebuah situs atau website yang bisa dikunjungi oleh siapa saja yang terhubung dengan internet. SKPD yang bertanggung jawab, dalam hal ini adalah Bagian Hukum Setda, menyediakan database berupa produk hukum yang bisa diunduh oleh siapa saja melalui website JDIH. Semua database aplikasi ditampung dalam sebuah komputer server yang terhubung dengan internet. Database produk hukum disusun dengan rapi didalam aplikasi JIDH sehingga pengunjung dapat dengan mudah mencari dan menemukan produk hukum yang diinginkan.

KEUNGGULAN JDIH YANG KAMI TAWARKAN

Keunggulan aplikasi JDIH yang kami tawarkan, selain bisa untuk dokumentasi produk hukum, JDIH ini juga telah memiliki Fituruntuk Pengajuan Draf Hukum oleh SKPD. Dengan fitur ini seluruh SKPD dapat mengajukan draf hukum secara online dengan cara login ke website JDIH. Pada halaman login SKPD terdapat menu untuk operator SKPD mengupload file draf hukum ke dalam database server. Draf hukum tersebut akan diterima oleh Bagian Hukum untuk di lakukan proses revisi secara online. Setelah proses revisi selesai draf hukum akan dikembalikan ke operator SKPD sehingga operator SKPD dapat mencetak produk hukum revisi final yang akan diproses lebih lanjut. Hal ini akan lebih mudah dan sangat efisien mengingat sangat banyak produk hukum yang akan diproses setiap tahunnya, dengan menggunakan aplikasi ini akan sangat membantu dalam mempercepat proses pembuatan produk hukum.

 

SPESIFIKASI SOFTWARE PENDUKUNG

Dalam pengembangan aplikasi ini kami menggunakan sofware pendukung diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sistem operasi Linux
  2. Webserver Apache versi 2
  3. PHP versi 5.4
  4. MySql versi 5

Semua software pendukung yang kami gunakan diatas adalah software Open Source sehingga tidak terikat dengan hak cipta orang lain. Software open source adalah software yang dikembangkan secara terbuka dan dapat dipakai oleh siapa saja dengan gratis tanpa harus terikat dengan lisensi tertentu.

Silahkan menghubungi kami jika berminat.

contoh JDIH yang sudah kami buat adalah: http://jdih.kerincikab.go.id

PENTING!!!
Kami tidak melayani jual beli program/aplikasi kepada Pihak Pemerintah secara langsung. Semua produk CV. WaroengWeb hanya dijual kepada pihak Swasta / pihak ke tiga. Jika anda dari pihak swasta/rekanan sialahkan hubungi saya. Tapi jika anda dari pihak Pemda saya tidak akan melayani anda.

(Visited 1,453 times, 1 visits today)