Joomla salah dari cms yang mempunyai banyak pengguna, dan untuk memanage sertea memaintenace joomla sendiri tentunya gampang gampang susah juga. Tetapi semua itu membutuhkan waktu juga untuk memaintenance serta memanage situs yang ada, sama halnya dengan hidup pasti ada masalah dan kendala di perjalan, begitu halnya dengan situs kita pasti suatu saat mengalami kendala dan masalah ketika dijalankan.
extension

Untuk membuat hidup anda lebih simpel dan mudah  maka di ciptakan tool dan alat bantu untuk memanage joomla anda, berikut adalah review beberapa exstension yang harus ada di joomla kita.

  1. Akeeba Backup

    akeeba
    Untuk backup saya memercayakan pada akeeba yang memang sudah bertahun tahun sejak joomla hadir dengan versi 1 nya mereka hadir dengan akeebanya. Ketika pertama kali menggunakan sangat mudah dan proses instalasinya pun mudah tak sampai 5 menit, akeeba sendiri hadir dengan dua versi, satu gratis dan satunya lagi berbayar.
    Untuk versi gratis sangat mudah tinggal klik backup dan manage selamat situs anda terbackup, sedangkan versi bayar pastinya ada beberapa menu tambahan diantaranya adalah kemudahan restore yang sudah jadi satu paket dengan backupnya, sedangkan untuk yang gratis kita harus mendownload tool lain yaitu akeeba kickstarter.
  2. Firewall / Admin Tools Pro
    admin-tools-hd
    Untuk security saya percayakan kepada rs firewall / admin tools pro dimana anda bisa pilih salah satu, jika menginstall rs firewall tidak usah install admin tools pro begitu juga sebaliknya. 2 ekstensi ini merupakan yang terbaik saat ini untuk mengaman situs anda dari hacker.
    Penggunaanya pun relatif mudah tinggal masukan saja konfigurasinya jadi, untuk admin tools pro punya kelebihan dibanding rs firewall diantaranya adalah cek permision kemudian rename folder admin dan fix database. Tetapi rs firewall pun ada kelebihan juga dibanding dengan Admin Tools, diantaranya adalah melakukan cek file adakah yang dirubah atau tidak.
  3. K2k2
    Untuk content construction kit dan blog serta artikel saya percayakan pada k2, dari versi joomla 1.5 k2 memang sangat powerfull di gunakan dengan berbagai fitur andalanya. Disamping itu adalah gratis, pada k2 anda bisa membuat field tambahan bila tidak ada pada konten biasa, bahkan tanpa mengedit core cukup memasukan konfigurasi saja.
    K2 mempunya fitur sebagai video galeri, artikel, foto galeri dan lainya, penggunaanya pun relatif mudah, dan lagi dukungan dari komunitas serta admin k2 yang memuaskan maka tidak heran bila k2 ini mencapai popularitasnya untuk memanage content joomla.
  4. TinyMCE / JCEjce-editorUntuk editor saya memilih TinyMCE dan kadang kadang menggunakan JCE, alasan memilih TinyMCE karena ringan dan simpel serta powerfull.
    Disamping itu kadang kadang saya juga menggunakan JCE karena kelebihan fiturnya dibanding TinyMCE, kalau TinyMCE hadir dengan gratis maka JCE ada yang berbayar dan gratis.
  5. JCH Optimizerjch_optimize-newAda banyak tool untuk optimize kecepatan web anda, tetapi setelah saya mencoba sana kemari pilihan saya jatuh kepada JCH Optimizer.
    JCH Optimizer mendukung banyak optimize website mulai dari combine css dan js secara otomatis, HTML minifation, Miscellaneous, CDN, Lazyload sampai Optimize image.
    Sebelum memakai jch score yang saya dapat di gtmetrix sekitar 80 dan 70 setelah di optimize mencapai 92 bahkan pernah mencapai 96.
(Visited 242 times, 1 visits today)