Sebelum bercerita tentang jquery maka kita harus kenal dulu dengan javascript. Karena jquery adalah librarynya javascript. Alasan adanya jquery adalah karena bahasa javascript susah dipelajari. Susahnya karena javascript sangat luas dan sangat banyak komponennya. Sehingga dibuatlah penyederhanaan agar lebih mudah dan lebih cepat tapi hasilnya memuaskan sesuai motonya jquery “write less do more”.

Baiklah, anggap saja anda sudah paham dengan jquery. Sekarang mari kita belajar menggunakan jquery dalam sebuah halam html. Tutorial ini sengaja saja bikin sangat simpel agar anda mudah memahami konsep dasar jquery. Karena function yang dimiliki jquery sangat banyak maka saya hanya mencontohkan sedikit saja dan seterusnya tinggal anda kembangkan sendiri.

1. Pertama kita siapkan dulu sebuah file html. Buat sebuah file dengan nama waroengweb.html lalu isilah dengan kode dibawah ini:

Dari kode diatas jika dijalankan maka akan tampil halaman html anda. Tapi halaman html anda yang bagian kirim komentar tidak tampil karena sudah ditambahkan properti nya display:none.

2. Sekarang kita download file jquery versi 2. klik disini untuk mendownload file jquery. Setelah terbuka simpan dengan nama jquery-2.1.0.min.js

3. Lalu letakkan file jquery-2.1.0.min.js dalam folder yang sama dengan file waroengweb.html tadi. Sekarang jquery anda sudah terintegrasi dengan halaman html anda. Mari kita coba gunakan.

4. Pertama kita tambahkan dulu kode dengan posisinya pas di atas tag </head>

Kode ini adalah kode standar untuk mulai menjalankan jquery. $(document).ready(function(){ artinya kode akan dieksekusi apabila halaman html sudah selesai di tampilkan semuanya.

5. Lalu dibawah kode $(document).ready(function(){ kita tambahkan kode berikut ini:

Maka kalau direfresh halaman webnya akan hilang <h1>Belajar Jquery</h1>

6. Sekarang pas dibawah kode tadi kita tambahkan lagi kode berikut:

Jika direfresh halaman htmlnya maka hasilnya: jika diklik link Show Judul maka akan muncul judul Belajar Jquery

7. Berikutnya coba ganti show dengan toggle sehingga jadinya

Maka hasilnya jika diklik Show Judul secara berulang-ulang akan menghilangkan dan memunculkan judul berulang ulang pula.

8. Sekarang kita coba menambahkan style css ke html dengan jquery. Caranya: dibawah kode

Tambahkan kode ini:

Maka hasilnya teks keterangan akan berubah sesuai style css yang sudah kita seting di jquery.

9. Untuk menampilkan form komentar anda bisa tambahkan kode berikut dibawahnya lagi

Bersambung…. insyaAllah… 🙂

[AdsWithin]

(Visited 289 times, 1 visits today)