Sekarang zamannya aplikasi mobile sedang populer. HP android sedang mendominasi pasar hp di seluruh dunia. Maka sebagai pengembang aplikasi kita setidaknya tahu/bisa membuat aplikasi untuk perangkat android ini. Namun karena saya konsentrasinya di pengembangan website maka saya anya bisa menjelaskan dari sisi aplikasi berbasis website.

Dalam tutorial ini saya akan jelaskan cara membuat website versi moblie yang lebih khusus lagi. Maksudnya tidak seperti webiste versi mobile standar yang hanya menggunakan html dan css namun juga menggunakan javascript dan library dari jquery. Hasilnya adalah sebuah webiste yang sangat cocok dengan layar sentuh dan sangat nyaman digunakan. Jika anda pengguna android sudah pasti anda sering menggunakan aplikasi facebook, nah yang ingin saya ajarkan disini hasil akhirnya ya mirip-mirip dikit lah 🙂

Baiklah lihat gambar dibawah ini. Ini sedikit hasil dari percobaan pertama saya. Mungkin dalam beberapa waktu kedepan akan lebih bagus lagi. Tapi saya sudah tidak sabat ingin berbagi dengan sobat-sobat disini.

Perkenalan
—————–
Dalam tutorial ini kita akan menggunakan jquery mobile karena sangat mudah digunakan dan hasilnya sangat bagus. Jquery mobile juga cocok untuk hp / tablet selain android seperti iphone dan BB. (perkenalannya sedikit aja. mau lebih lengkap googling aja “jquery mobile” heheh)

Persiapan
————–
Jika anda ingin mengikuti tutorial ini, alat yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:
– Webserver apache
– Database Mysql
– Php myadmin
– PHP
– Jquery moblie (download disini http://code.jquery.com/mobile/1.3.0/jquery.mobile-1.3.0.zip)

untuk menginstal php, mysql dan apache anda bisa menggunakan xampp yang sudah include semuanya. silahkan cari di google xampp versi terbaru.

Mulai
——–
1. Baik setelah anda menginstal xampp (atau sudah punya) selanjutnya buatlah folder untuk di htdocs atau public_html webserver anda. Misalnya buatkan folder gamasms
2. Selanjutnya extrax file jquery.mobile-1.3.0.zip yang sudah anda download. Lalu copy hanya folder css dan js saja ke folder gemasms. Yang lain tidak usah.
3. Lalu dalam folder gemasms buatlah sebuah file dengan nama index.php
4. Isikan kedalam file index.php tersebut kode dibawah ini

Bersambung…

(Visited 3,273 times, 1 visits today)