Jakarta sebagai ibukota Indonesia memiliki website resmi yang sangat bagus. Bagus dari segi desain, informasi, hingga konten yang selalu di update. Provinsi DKI sendiri terbagi menjadi lima wilayah yaitu Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Kepulauan Seribu. Dari lima wilayah yang masuk kedalam provinsi DKI Jakarta, masing-masing telah memiliki website dengan karakteristik yang berbeda-beda. Berikut karakteristik website-website yang masuk dalam wilayah DKI Jakarta :

pulau seribu

  1. Jakarta Timur

Website Kota Jakarta Timur ini memiliki tampilan yang simpel dengan template desain dua kolom. Menu terdapat diatas yang memudahkan pengunjung menemukan informasi yang ingin dicari. Di samping kanan terdapat gambar walikota dan wakil walikota Jakarta Timur namun tak diberi penjelasan nama pemimpin tersebut. Dihalaman utama ditempatkan berita yang setiap harinya diupdate. Selain itu agenda kegiatan pun diperbarui terus hingga kegiatan yang dilaksanakan pun tak luput didokumentasikan. Tak hanya artikel berita yang rajin diupdate, berita dalam bentuk foto dan videopun diperbarui secara berkala. Di sisi kanan bawah web terdapat widget kolom twitter milik pemkot Jakarta Timur yang ditautan dalam web.

 

 

  1. Jakarta Pusat

Website milik kota Jakata Pusat ini memiliki desain template dengan 3 kolom. Kolom paling kiri di halaman utama terdapat profil pemimpin yang dilengkapi dengan fotonya. Terdapat juga kolom suara warga, tautan berita, hingga daftar kecamatan dan kelurahan di Jakarta Pusat lengkap dengan alamat serta kontaknya. Sedangkan pada kolom tengah atau kolom utama digunakan untuk menempatkan artikel berita yang dilengkapi dengan gambar. Sedangkan pada kolom kanan, terdapat berita video, berita yang terkomentari dan berita populer, serta agenda kegiatan yang lengkap. Dikolom bawah, terdapat widget twitter milik pemkot Jakarta Pusat yang ditautkan kedalam web. Secara umum website yang memiliki banner berwarna orange ini sudah sangat bagus. Tak hanya  karena dari template dan tata letak yang digunakan, namun konten yang ada didalamnya juga lengkap serta terupdate secara rutin.

  1. Jakarta Selatan

Warna merah memang menjadi warna favorit bagi kebanyakan website resmi pemerintah daerah. Begitu pula dengan website resmi milik pemkot Jakarta selatan ini. warna merah tua menjadi template dari web yang tampilannya modern ini. Banner yang berupa gambar dan tulisan fokus program kerja pemkot Jakarta Selatan memenuhi halaman utama. Ketika kita scroll web kebawah terdapat menu “Mengenal Jakarta Selatan”. Pada menu tersebut kita dapat menemukan informasi dari berbagai hal seperti transportasi, pendidikan, pemerintahan, sosial budaya, dan lainnya. Menu-menu tersebut tampil dalam logo grafis yang menarik. Sehingga membuat web ini terkesal modern. Turun kebawah lagi kita akan menemukan profil pemimpin dan kalender kegiatannya. Berita-berita terkait Jakarta Selatan juga selalu diupadate setiap harinya. Jika informasi yang dicari pengunjung tak ditemukan dihalaman utama, maka pengunjung bisa mencarinya di daftar menu yang terdapat di banner atas.

  1. Jakarta Utara

Tampil dengan desain web tiga kolom dengan penataan yang rapi membuat pengunjung nyaman mencari informasi yang dicari dalam website yang beralamat di utara.jakarta.go.id ini. Di kolom paling kiri terdapat list berita yang rajin diperbarui. Kolom berita pun dibedakan menjadi berita terkini, terpopuler, dan latest news. Di kolom tengah, berita ditampilkan dengan gambar yang silih berganti. Sedangkan pada sisi kanan terdapat profil pemimpin, video terkini hingga tautan akun twitter kominfo Jakarta Utara. Dokumentasi kegiatan diunggah melalui website ini sehingga pengunjung dapat menyaksikan acara atau kegiatan apa saja yang baru saja digelar. Pada bagian bawah terdapat wawancara khusus dengan pemimpin Jakarta Utara. Jika pengunjung ingin menemukan lebih banyak lagi informasi publik yang bisa didapat maka langsung saja memilih menu yang ada di atas. Disana informasi sudah dikelompokkan sesuai dengan isinya.

  1. Kepuauan Seribu

Pulau serib merupakan bagian dari wilayah DKI Jakarta yang terkenal dengan obyek wisata pantainya yang meanwan. Tampil dengan warna biru sebagai template, nampaknya kepulauan seribu juga ingin menunjukkan identitasnya melalui logo yang berbentuk layar perahu terdapat di atas web. Web dengan template tiga kolom ini selain menyuguhkan konten berita yang rajin diupdate juga menyediakan informasi wisata yang lengkap. Dihalaman utama ada kolom foto kegiatan dan kolom foto pariwisata. Berita pun tak hanya dalam bentuk artikel, ada juga yang berbentuk video yang telah diuploade ke youtube yang kemudian disematkan kedalam website. Secara umum website ini menyediakan informasi yang cukup lengkap dengan tata letak kolom yang pas. Namun perlu sentuhan lebih modern lagi sehingga web yang ingin menunjukkan pariwisata daerahnya ini dapat lebih fresh tampilannya.

Itulah beberapa website yang masuk kedalam wilayah DKI Jakarta. Secara keseluruhan desain dan tata letak konten sudah baik dengan pemilihan warna yang pas. Informasi yang disediakan pun lengkap dan setiap website memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan potensi daerah  yang dimiliki.

(Visited 57 times, 1 visits today)