cetak-word

Dalam membangun aplikasi atau pemograman web kadang saya menemukan permintaan konsumen yang ingin hasil cetak/report aplikasi sama dengan yang sudah pernah dipakai sebelumnya dimana sebelumnya mereka menggunakan program MS Word atau MS Excel. Untuk mengkonfersi dari file MS Word ke dalam HTML cukup merepotkan. Mendesain layout pada halaman HTML/CSS tidak semudah MS Word. Apalagi banyak format-format dan item-item yang harus dimasukkan. Nah sekarang saya sudah menemukan cara yang paling mudah dengan hasil yang paling bagus yang sudah pernah saya coba sendiri.

Cara paling mudah membuat format cetak dari file MS Word untuk dijadikan cetak online dengan menggunakan PHP adalah sebagai berikut:

  1. Kita harus mengkonfersi file master MS Word yang kita dapat dari klien kita menjadi file HTML. Caranya sangat mudah anda tinggal masuk ke situs http://www.zamzar.com/convert/doc-to-html/
  2. Setelah mendapatkan file HTML beserta dengan komponen-komponen filenya, biarlah file-file tersebut berada dalam satu folder khusus jadi anda tinggal mengganti item-item mana saja yang ingin diganti sesuai format laporan dari aplikasi anda.
  3. Ubah/ganti nama file .html menjadi file .php kemudian singkronkan dengan program aplikasi anda.

Cukup dengan tiga cara diatas sudah bisa anda dapatkan hasil yang memuaskan. Silahkan dicoba.

 

(Visited 3,809 times, 1 visits today)