Spambot merupakan script atau program dibuat oleh seseorang untuk mengirim request secara otomatis ke situs-situs dengan tujuan mengirimkan data kesitus tersebut. Biasanya kegiatan spambot ini digunakan untuk mengirimkan iklan ke situs orang lain. Aktivitas ilegal ini bukan saja mengganggu situs orang lain bahkan kalau tidak segera dicegah akan melumpuhkan situs korban tersebut sehingga situs itu mati atau down.

Ada situs yang secara khusus menyediakan data alamat IP yang sering melakukan spambot. Salah satunya http://www.stopforumspam.com. Dari situs itu kita bisa mengetahui apakah ip komputer yang mengakses situs kita termasuk spambot atau bukan. caranya kirim request url ke situs ini dengan sperti ini: http://www.stopforumspam.com/api?ip=24.99.194.17 maka akan dihasilkan “ip yes 2012-09-28 13:01:20 29”. Itu berarti ip tersebut termasuk pengirim spambot. Tapi kalau hasilnya “ip no 0” maka ip tersebut bukan spam.

Maka dengan sangat mudah kita bisa memasang script php di halaman utama (index.php) situs kita untuk mencegah, memblokir, melawan dan menghalau spambot. Caranya adalah sbb:

$ipvisitor=$_SERVER['REMOTE_ADDR'];$cekspambot=file_get_contents("http://www.stopforumspam.com/api?ip=".$ipvisitor);if(@eregi('<appears>yes</appears>',$cekspambot)){die("");}

Letakkan script php diatas pada paling atas file index.php anda atau pada file lainnya yang ingin anda amankan dari spambot.

(Visited 610 times, 1 visits today)