iklan-surgaweb2

Berikut ini saya akan ulas sedikit tentang cara mengambil isi situs orang lain dengan php secara otomatis. Dengan menggunakan kode php ini anda bisa mengambil hanya bagian-bagian tertentu saja dari situs orang lain. Data yang anda dapatkan itu bisa anda olah lebih lanjut atau bisa anda langsung masukkan ke dalam database anda. Namun pada artikel ini saya hanya menunjukkan contoh sederhana saja. Silahkan anda kembangkan sendiri kode programnya.

Berikut cara mengambil isi situs orang lain dengan PHP:

1. Dalam contoh kasus ini saya mencoba ingin mengambil isi berita dari situs detik.com dengan alamat url beritanya= http://finance.detik.com/read/2014/09/24/104509/2699424/4/mampu-bikin-pesawat-terbang-pekerja-ri-diklaim-lebih-unggul-di-asean?f9911013

2. Sekarang saya buatkan kode php seperti ini:

Silahkan lihat hasilnya. Akan muncul semua isi situs detik.com

3. Sekarang saya hanya ingin mengambil bagian isi beritanya saja. Terlebihdahulu kita lihat source code html nya. kita harus tahu teks isi berita nya berada dalam tag html atau div apa. dalam contoh kasus ini teks isi berita berada dalam <div class=”text_detail”> sedangkan diakhiri dengan </div>.

4. Maka kita buat kode programnya seperti ini:

Silahkan dicoba sendiri dan lihat  hasilnya. anda akan mendapatkan teks hanya isi berita saja.

Nah untuk menyempurnakan kode program anda, anda bisa membuatkannya menjadi sebuah fungsi php. Dengan menggunakan fungsi nantinya anda bisa mengambil lebih banyak data dan mudah digunakan. Cotoh fungsi php untuk mengambil data dari situs orang lain seperti ini:

 

Tip mengambil data dari situs orang lain menggunakan web proxy orang lain.

Ada beberapa situs yang tidak menginjinkan kita untuk mengambil isi situsnya dengan program php. Dan ada juga situs yang sengaja memblokir IP komputer yang terindikasi melakukan akses tidak normal. Nah jika kita menggunakan server hosting kita untuk mengambil situs orang lain maka bisa jadi IP server hosting atau domain kita akan ditandai sebagai spam atau heacker. Untuk itu anda bisa mencoba menggunakan web proxy orang lain untuk mengakses situs tersebut.

Caranya sangat mudah anda tinggal mengubah URL link artikelnya menjadi url web proxy misalnya seperti ini:

http://proxyindonesia.appspot.com/blog.waoroengweb.co.id

Dengan URL ini saya bisa mengakses situs blog.waoroengweb.co.id melalui koneksi interetnya orang lain. Jadi komputer saya atau server saya tidak akan dianggap spam oleh servernya waroengweb.co.id.

 

Tips mengambil data dari RSS atau web versi mobile situs orang lain.

Contoh diatas saya mengambil data dari situs versi dekstop. Tentu program saya butuh waktu beberapa saat untuk mengambil semua kode html dari situs tersebut. Semakin banyak kode html di situs tersebut maka semakin banyak memori yang terpakai di komputer saya. Ini sangat tidak efektif jika kita ingin mengambil banyak data dari situs orang lain.

Sebagai solusinya anda bisa mengambil data dari situs orang lain dengan menggunakan alamat URL Rss situs tersebut. Sehingga data yang diambil tidak banyak dan jauh lebih efisien daripada anda mengambil daris situs versi desktop. Atau kalau disitus tsb tidak tersedia RSS anda juga bisa mengabilnya dari web versi mobile. Karena hanya bagian-bagian tertentu saja yang anda ambil tidak semua isi situsnya.

Semoga bermanfaat.

 

 

(Visited 13,857 times, 1 visits today)