Pengiriman SMS melalui media website bisa dimungkinkan kalau kita memiliki server sms gateway yang dihubungkan dengan modem yang ada simcard nya. Namun ada cara mudah jika anda tidak ingin repot membangun media tersebut yaitu dengan cara menyewa perangkat orang lain yang secara khusus menyediakan jasa sms gateway. Ada banyak situs lokal maupun luar yang menyediakan jasa ini dengan beragam fitur dan harga anda tinggal pilih mana yang cocok.

Pada tulisan ini saya akan membahas salah satu saja yaitu zenziva.net. Situs ini menyediakan jasa mengirim sms via web dengan menggunakan tools yang sudah disediakan. Namun zenziva juga menyediakan fitur API agar klien bisa mengirim sms tidak harus login ke member area tapi cukup dengan menjalankan kode akses yang sudah disediakan.

Untuk lebih jelasnya anda bisa mendaftar di zenziva.net sebagai member reguler lalu belilah kredit sms sebagai deposit saldo sms anda. Setelah itu seting API key pada menu setting. Selanjutnya kita tinggal membuat kode php sederhana untuk mengirim sms seperti ini:

Kode php untuk mengirim sms diatas adalah kode dasar dan sangat sederhana. Anda tinggal kembangkan dan integrasikan dengan sistem aplikasi website anda. Sms gateway ini bisa anda gunakan untuk keperluan banyak hal seperti mengirim sms ke klien secara otomatis saat mendaftar di website anda sehingga website anda akan terlihat sangat meyakinkan dan lebih memuaskan klien.

Sms gateway ini juga bisa digunakan segabai sms center untuk keperluan kantor, sekolah, lembaga, perusahaan dan sebagainya dengan menambahkan sedikit firut pengelolaan keanggotaan dengan membagi grup-grup anggota sehingga sms bisa dikirim secara masal (broadcash) berdasarkan grup-grup tertentu.

(Visited 6,176 times, 1 visits today)