iklan-surgaweb2

template-wordpress

Sebenarnya saya tidak menyarankan anda menempuh cara instan untuk menguasai ilmu. Sebaiknya anda memang belajar dari dasar dan secara alami bertahap hingga mahir. Namun ini sekedar menambah wawasan dan inspirasi bagi anda yang ingin menguasai PHP dengan cara paling mudah dan paling cepat untuk menguasai pemograman php.

Ok singkat saja saya jelaskan ūüôā

1. Anda harus menguasai html (mutlak) mengusai html sangat gampang. cukup dasar-dasarnya saja. Tutorial Belajar HTML 5 lihat disini

2. Kenali sintak dasar php yang sering dipakai musilnya php, , echo, print, if, else, while, foreach, dll. tidak perlu banyak banyak. yang penting anda tahu kegunaan sintak dasar ini dan kapan harus digunakan.

3. Buatlah program sangat sederhana misalnya seperti ini:

Lalu kembangkan menjadi seperti ini:

kemudian ubahlah seperti ini:

terus ubah lagi menjadi:

lanjut lagi:

lanjut lagi:

nah sekarang coba anda simpulkan sendiri dari banyak perubahan script tadi.

4. Jangan berhenti mencoba. Jangan banyakan untuk mencoba yang sulit. Cobalah yang paling mudah dulu. Tulis lah kode anda sebanyak-banyaknya walaupun jelek :). Kalau ada error cari sendiri dimana kesalahnnya. Kalau tidak tahu baru cari di google.

6. Setaleh menguasai perintah dasar dan perintah yang banyak dipakai di PHP selanjutnya anda coba menggunakan fungsi-fungsi yang telah disediakan oleh php. Ada banyak sekali fungsi dan anda tidak perlu menghapalnya satu persatu. yang harus anda lakukan adalah mendownload manual / dokumentasi lengkap php versi bahasa inggris dari situsnya php disini: http://www.php.net/download-docs.php
Download lah yang versi html karena anda dengan mudah menggunakan fasilitas searching konten nantinya.

7. Setelah mendownload file manualnya format html, cobalah buka filenya dan coba anda cari sebuah fungsi misalnya str_replace . bacalah baik-baik aturan pakai str_replace. fungsi ini dugunakan untuk menukar string dengan yang kita inginkan. contoh penggunaannya seperti berikut:

Jadi anda akan paham bahwa fungsi str_replace digunakan untuk mengganti string didalam variabel.
nah ini hanya satu contoh dan ada banyak fungsi yang bisa anda pakai. Pelajarilah satu-persatu. Tidak usah dipaksa. Anda bisa mempelajarinya pada saat dibutuhkan saja. Biarlah proses belajar anda berjalan alami dan menyenangkan.

8. Sekarang anda harus mengenali sintak untuk koneksi ke database. Tidak harus semuanya hanya yang anda butuhkan saja. Anda bisa belajar dari situs orang lain yang sudah banyak membehas tentang ini. Tapi anda harus paham dan anda harus bisa menulis ulang kode tersebut sesuai dengan keinginan anda.

9. Selanjutnya tinggal mengulang apa yang anda sudah pelajari dan memperbanyak contoh kasus. Jangan terlalu berambisi untuk membuat program yang besar kalau belum sanggup. Biarlah proses belajar anda berjalan apa adanya.

 

Belajar PHP dari Contoh kasus membuat website sederhana

Baiklah agar anda lebih mudah dalam mengaplikasikan belajar php anda maka saya akan berikan satu contoh sederhana saja bagaimana membuat website dengan menggunakan php dan html. Dalam contoh kasus ini kita belum menggunakan database, tapi pada belajar php berikutnya kita akan menyempurnakan website kita dengan menyertakan database mysql.

Ikuti cara belajar php membuat website sederhana dibawah ini:

1. Anda harus menginstall program xampp di laptop anda sebagai webserver. anda bisa download program https://www.apachefriends.org/

2. Setelah anda menginstall program xampp, jalankan program xampp dan aktivkan apache dan kemudian masuklah ke folder C:/xampp/htdocs  dengan asumsi anda menginstall Xampp di drive C

(dalam artikel belajar php ini saya tidak menjelaskan dengan detil tentang cara menginstall xampp. anda bisa cari disitus lain karena sudah banyak yang membahas itu)

3. Sekarang buatlah folder baru di dalam folder htdocs tersebut dengan nama “websiteku” tanpa tanda petik.

4. Kemudian buatlah sebuah file baru didalam folder websiteku dengan nama index.php

5. Dalam file index.php isilah dengan script dibawah ini:

Untuk melihat hasilnya silahkan coba buka browser anda lalu masuk ke alamat http://localhost/websiteku . Hasilnya seperti ini:

belajar-php-1

 

6. Diatas kita sudah belajar tentang cara membuat sebuah halaman website sederhana dan sudah berhasil tampil di localhost. Sekarang mari kita belajar tentang membuat layout halaman website. Untuk membuat halaman website kita memerlukan bahasa pemogram CSS agar layout website kita lebih rapi. Dalam tutorial belajar php kali ini saya akan menggunakan cara mudah untuk membuat layout halaman website dengan generator layout otomatis. Anda bisa buka situs http://csslayoutgenerator.com/

7. Dari situs http://csslayoutgenerator.com/ anda dapat membuat setingan layout yang anda butuhkan untuk website anda. Silahakan buatlah setingan layout webiste anda seperti yang saya buat berikut ini:

belajar-php-2

8. Setelah selesai downloadlah file layout anda dari situs http://csslayoutgenerator.com/ tersebut. Anda akan mendapatkan 2 buah file yaitu index.html dan style.css. Nah caranya isi kode dalam file index.html tersebut anda copy paste ke file index.php anda dan file style.css anda msukkan dalam folder websiteku. Lalu coba jalankan nanti hasilnya seperti ini:

belajar-php-3

Jika anda ingin belajar CSS dengan mudah dan cepat silahkan lihat disini

9. Oke sekarang mari kita sesuaikan kode dari file index.php kita dengan menghapus teks yang tidak perlu sehingga kodenya menjadi seperti ini:

Hasilnya jika dijalankan akan terlihat seperti ini:

belajar-php-4

 

10. Oke sekarang kita coba buat tutorial belajar php ini menjadi sedikit menarik. Mari kita buat sebuah file baru namanya page.php dengan isi file nya sebagai berikut:

Lalu kita edit file style.css tambahkan di baris paling bawah dengan kode ini:

Selanjutnya kita edit file index.php . lihat pada baris

kita ganti menjadi:

silahkan anda lihat hasilnya dibrowser akan ada sedikit perubahan.

11. Selanjutnya kita coba ubah lagi file page.php menjadi seperti ini:

Lalu kita buat lagi file baru namanya profil.php dengan isi file tersebut seperti ini:

Nah sekarang coba jalankan dengan mengakases alamat url http://localhost/websiteku/?page=profil

hasilnya akan terlihat seperti ini:

Belajar PHP blog.waroengweb.co.id

Belajar PHP blog.waroengweb.co.id

 

Sebelum kita lanjutkan belajar php kita, perlu saya jelaskan apa maksud dari kode php diatas agar anda paham keguanaanya. Kode¬†include ‘page.php’; berguna untuk mengambil file lain untuk disertakan kedalam file tersebut, dalam hal ini file index.php. Jadi di dalam file page.php sebenarnya adalah sub bagian dari file index.php.

Didalam file page.php terdapat kode switch ($_GET[‘page’])¬†. Kode ini berguna untuk¬†mengambil varibel apa yang dikirim dari URL. Setiap variabel yang dikirim dari URL langsung bisa dibaca dengan variabel¬†$_GET[‘page’]. Sedangkan ‘page’ adalah query yang terdapat pada URL yang diakses oleh user. Dimana query URL dalam contoh ini adalah ?page=profil. Untuk profil adalah nilai dari variabel yang dikirimkan sehingga kode¬†case ‘profil’: akan¬†sesuai dengan kondisi dimana query yang dikirim adalah ?page=profil maka kode selanjutnya adalah ¬†mengambil/mengikut sertakan file profil.php dengan kode perintah¬†include ‘profil.php’; .¬†

Nah dari contoh ini anda bisa membuat atau menambahkan sebuah file lagi misalnya anda buat file kontak.php lalu pada file page.php tambahkan case nya seperti ini:

Lalu dalam file kontak.php anda bisa isi sembarang kata dulu (untuk sementara, nanti kita sempurnakan). Kemudian silahkan anda coba lihat hasilnya dengan mengakses alamat http://localhost/websiteku/?page=kontak

Sebelum kita lanjutkan belajar php ini pastikan anda sudah paham dulu dengan html kerena PHP hanyalah program untuk prosesing data sedangkan html adalah bahasa dasar dari website. Jadi mutlak anda harus menguasai html terlebihdahulu barulah bisa belajar php.

Baiklah mari kita lanjutkan belajar php kita. Sekarang kita akan coba membuat menu.

Pertama edit file style.css kemudian tambahkan kode berikut di bagian paling bawah:

Lalu buatlah file baru namanya menu.php dan isilah dengan kode berikut:

Kemudian edit file index.php lalu edit di bagian header menjadi seperti ini:

Silahkan dijalankan dan lihat hasilnya akan tampil seperti gambar dibawah ini:

belajar-php-6

 

Sampai disini andah harus bisa menyimpulkan sendiri apa maksud dari logika program yang sedang kita buat dalam tutorial belajar php ini. Jadi teknik seperti ini sebanarnya tiknik dasar dalam membuat website dengan multi page. Selanjutnya jika anda sudah paham dengan logika ini maka anda sudah bisa membuat banyak website dengan menggunakan teknik yang sama. Anda tinggal mempelajari desain dengan css. Atau anda bisa mencoba menggunakan templatenya orang lain kemudian cobalah untuk menyesuaikannya dengan kode php. Anda hanya butuh satu halaman saja dari template itu yaitu halaman depannya. Kemudian di bagian contentnya dan di bagian menunya sialahkan anda sesuaikan dengan teknik yang sudah kita pelajari ini.

 

Berikut ini daftar situs yang bisa menjadi rujukan anda untuk membuat webiste. Memang untuk membuat webiste tidak semudah yang dibayangkan. Butuh sedikit keahlian dan keseriusan. Untuk website yang dirancang khusus seperti aplikasi database khusus maka dibutuhkan skill tambahan dalam menguasai bahasa pemograman php dan mysql. Kami memang sejak awal fokus pada pengembangan webiste jenis apapun. Jika anda butuh bantuan silahkan menghubungi kami.

Pixel2Life

 

SMASHING MAGAZINE CODING

W3SCHOOLS

TIZAG

WEBMONKEY

TREEHOUSE

SITEPOINT

STUDENT WEB DESIGN GUIDE

Looking for hosting?. We recommend MediaTemple for web hosting. Use Code MTLOVESDESIGN for 20% off

A LIST APART

WEB DESIGN FROM SCRATCH

NET TUTS+

WEB DESIGN TUTS+

CSS TRICKS

DEVELOPER DRIVE

THINK VITAMIN BLOG

Looking for hosting?. We recommend MediaTemple for web hosting. Use Code MTLOVESDESIGN for 20% off

AJAXIAN

.NET MAGAZINE

TUTORIALZINE

Looking for hosting?. We recommend MediaTemple for web hosting. Use Code MTLOVESDESIGN for 20% off

24 WAYS

DESIGN INSTRUCT

PHP ACADEMY

 

 

 

 

[AdsWithin]

(Visited 23,942 times, 1 visits today)