Kali ini Saya akan mengulas 6 website resmi pemerintah di kota-kota besar. Sebagian website pemerintah kota dapat dikatakan bagus karena website dapat diakses cepat, memiliki desain yang menarik dan menyediakan informasi yang lengkap. Akan tetapi masih ada juga website yang pengelolaannya sekedarnya, tampilan yang kurang menarik, akses lama, hingga informasi yang disediakan kurang lengkap. Seperti apa kira-kira gambaran dari website di 6 kota besar di Indonesia. Berikut simak ulasan di bawah ini :

dki

  1. Bandung

Pasti kita semua mengenal bandug sebagai smart city. Sebagai smart city, penggunaan teknologi dalam mepermudah pelayanan publik menjadi suatu keharusan. Akan tetapi ternyata website milik bandung yang beralamat di bandung.go.id ini belum menunjukkan sisi kota Bandung sebagai smart city. Memang akses pengunjung ke website resmi  pemkot Bandung tersebut dapat dibilang cepat. Namun desain yang digunakan website kurang menarik. Harusnya sebagai smart city mereka bisa membuat model website lebih baik daripada itu.

Dari segi informasi yang disajikan sudah cukup lengkap. Berita-berita tentang kegiatan Pak Ridwan Kamil selalu menarik untuk disimak sehingga berita di website tersebute selalu mengupdate konten beritanya. Tidak hanya berita saja, kegiatan yang dilaksanakan pun didokumentasikan melalui video yang kemudian diunggah di akun youtube. Di halaman web pemkot bandung sudah ditautkan video-video kegiatan tersebut. Dalam halaman tersebut terlihat bahwa agenda atau event yang diselenggarakan tidak terpublikasikan dengan baik. Padahal Bandung adalah kota yang banyak event diselenggarakan. Publik juga harus tau agenda apa yang selanjutnya diselenggarakan sehingga dapat ikut serta.

Pemerintahan era Ridwan Kamil memang terkenal transparansinya, sehingga dalam menjalankan setiap program Ia juga melaporkan penggunaan dana kepada masyarakat melalui website tersebut. Seharusnya pemerintah kota Bandung harus lebih  serius mengelola websitenya, agar Bandung sebagai Smart City dengan banyaknya penghargaan yang telah dicapai dapat ditunjukkan dari halaman website yang mereka miliki.

 

 

  1. Surabaya

Surabaya merupakan kota besar yang padat penduduknya. Geliat ekonomi disana sangat tinggi. Untuk itu informasi juga menjadi hal yang penting. Baik informasi publik, informasi kebijakan pemerintah, hingga informasi prosedur perizinan berbagai macam hal semuanya terpublikasikan dengan baik di halaman website pemkot Surabaya. Secara serius mereka mengelola website yang ditunjukkan dengan pembaharuan berita secara berkala. Tak hanya itu, desain yang mereka gunakan menarik. Banner dengan foto kegiatan pemerintah kota memenuhi halaman utama. Selain itu untuk memudahkan pengunjung mengakses informasi yang penting, mereka sengaja menempatkan informasi penting di halaman utama. Menu-menu pelayanan publik yang seringkali diakses masyarakat pun dihadirkan di halaman utama dengan simbol grafis yang eye catching. Tak ketinggalan juga kota yang dikenal dengan taman-tamannya ini bahkan memiliki daftar dan informasi taman-taman kota di website mereka. Sungguh luar biasa kerja tim pengelola website pemkot Surabaya ini.

 

  1. Semarang

Semarang dikenal sebagai kota yang bersejarah. Selain itu potensi wisata sejarah di kota ini juga besar. Akan tetapi website resmi milik pemkot Semarang tak bisa memberikan identitas apapun terhadap kota mereka. Desain yang kuno dan kurang menarik membuat pengunjung malas untuk berlama-lama menggali informasi disana. Namun walaupun mereka tak memperhatikan bagaimana mereka mendesain sebuah website, pemkot Semarang ternyata memperhatikan konten. Konten yang mereka isi selalu diperbaharui dengan berita-berita khas Semarangan. Selain itu sejumlah aplikasi mobile yang mereka buat ditautakan ke halaman web agar masyarakat mengenalnya. Ada pula buku dan majalah yang dibuat khusus oleh pemerintah kota semarang dan mereka mempublikasikannya di halaman web tersebut.

 

  1. Makassar

Makassar adalah salah satu kota diluar Jawa yang cukup maju. Pemerintah Kota Makassar pun sadar akan hal itu. Selain itu pemkot mengandalkan pariwisata mereka sebagai sumber anggaran daerah. Tak heran melalui website resmi pemkot Makassar mereka menunjukkan diri sebagai kota yang maju dengan pariwisata yang beragam. Hal itu terlihat dari desain web yang mereka buat. Pada banner yang besar terdapat foto pariwisata Makassar yang menjadi andalan. Tak hanya pada segi desain yang menarik, mereka juga memiliki sejumlah aplikasi mobile yang diperkenalkan pada website tersebut. Galeri foto dan video pun cukup banyak yang diperbarui secara berkala. Dari segi informasi, masyarakat Makassar tentu tak ingin ketinggalan. Mereka dapat membaca berita yang diupdate selalu oleh pemkot Makassar. Bahkan ada kolom berita populer dan kolom berita utama layaknya portal berita online. Yang tak ketinggalan, mereka menyediakan jadwal keberangkatan pesawat di menu utama.

 

  1. Medan

Pemerintah kota medan cukup serius mengelola website mereka sebgai pusat informasi. Tak hanya berita saja yang diupdate secara berkala. Informasi publik lainnya juga disediakan secara lengkap. Selain informasi publik, ada laporan penggunaan anggaran daerah yang dapat dilihat masyarakat.  Kegiatan-kegiatan yang dilakukan pun terdokumentasi dengan baik. Hal itu dapat dilihat dari video dan foto-foto kegiatan yang diuplod di web. Bahkan untuk informasi seperti bahan pokok pun disediakan di kolom utama web sehingga mudah ditemukan. Tak hanya berita dan informasi publik yang diperbarui,  berita tentang kuliner, wisata dan geliat UKM di medan pun terus diperbarui. Selain itu berita yang dipublikasikan dapat ditemukan dengan mudah karena terdapat index berita di kolom sebelah kanan web tersebut. Selain informasinya yang lengkap, website ini memiliki desain yang cantik. Dimana pada banner menu utama terdapat foto tempat-tempat yang menarik di Kota Medan

 

  1. Palembang

Dari segi desain, website resmi milik pemerintah kota Palembang ini hampir sama dengan website milik pemkot Medan. Terdapat banner yang besar dan diisi foto jembatan ampera. Hal tersebut membuat web benar-benar menampilkan identitasnya. Berita pelayanan publik selalu diupdate, namun acara maupun kegiatan kota malah jarang diperbarui. Website yang memiliki tampilan rapi ini memiliki kolom ragam wisata di menu utama. Kolom tersebut memudahkan pengunjung untuk mencari tahu apa saja wisata yang terdapat di Palembang. Widget twitter juga disematkan pada banner bagian kanan, pengunjung dapat melihat interaksi pemerintah kota palembang di twitter dengan masyarakat. Sejauh ini cukup lengkap informasi yang disediakan ditambah lagi dengan desain yang digunakan menarik.

Itu tadi beberapa website resmi pemerintah kota besar di beberapa daerah di Indonesia. tentu tidak semua dapat dimasukkan pada list diatas. Namun itu tadi beberapa gambaran bahwa saat ini pemerintah kota sudah mulai serius menggarap pusat informasi untuk masyarakat di website. Namun masih ada sebagian yang belum benar-benar mengelolanya dengan baik.

(Visited 226 times, 1 visits today)