Pada defaultnya ketika kita menginstall suatu component joomla maka secara otomatis sub menu akan dibuatkan dibawah menu component, untuk user yg terbiasa dengan joomla pasti akan mudah saja bukan tapi bagaiamana untuk user baru, hal ini sedikit menyulitkan.

admin

Akan lebih mudah jika kita menampilkan menu tersebut pada main menu yang berdiri sendiri, bukan menjadi sub menu di bawah kategori component, dengan adanya fitur acl kita bisa mengatur dan menghilangkan menu admin yang tidak terpakai di joomla untuk user yang tidak diberi izin, pada kasus kali ini kita akan menginstall component galeri foto.

setelah kita install menu galeri tampil di bawah component, setelah itu kita mengatur dengan acl dan pada defaultnya bagian admin kita hanya memberikan fitur user menu, content, dan component. Sedangkan untuk plugin, template, modul akan kita hilangkan, kemudian dibawah menu component terdapat galleri, untuk memudahkan client maka fitur galeri ini kita letakan sejajar dengan menu, content, dan component.

Untuk membuatnya kita masuk ke administrator pilih template jika pada jomla 2.5 berarti hathor kalau joomla 3 berarti menggunakan admin isis. Setelah kita buka, kita akan memanfaatkan fitur over ride, dengan adanya fitur override ini kita bisa mengedit tanpa menyentuh core yang ada, jadi bila gagal tinggal hapus saja overridenya. untuk override terletak pada folder html.

Kita copy dulu file yang ada di folder modules (administrator>modules>mod_menu>tmpl) filenya adalah default_enabled.php dan default_disabled.php ke folder (administrator>template>hathor/isis>html>mod_menu>tmpl).

setelah kita copykan kita akan membuat menu baru dengan nama galeri kita letakan setelah content, untuk itu kita buka file mod_enabled.php, tepatnya pada baris 200 yaitu pada baris setelah ini

kita akan menambahkan baris baru dengan nama galeri, kita tambahkan code ini :

Penjelasan :

Pada bagian ini digunakan untuk mengatur acl atau hak akses user, sesuaikan dengan nama component anda atau nama modul atau lainya.

sedangkan code ini :

merupakan main menu, silahkan ganti nama galeri dengan nama yang anda inginkan.
kemudian pada code selanjutnya :

digunakan untuk memebuat sub menu dari menu galeri sesuaikan saja dengan yang anda inginkan menunya.

Setelah kita buat menu galeri akan tampil setelah content.

galeri

Catatan : bila anda tidak berhasil melakukan override dan tidak muncul anda bisa mengedit langsung file default_enabled.php pada bagian modules administrator joomla, tapi jangan lupa backup filenya.

Pada coding diatas bila anda mengerti tentang Php pasti mengetahui sudah alurnya, Konstruktor untuk JMenuNode membutuhkan teks dan linknya, disini saya memberi nama foto galeri dan linknya Letakan disini. kemudian untuk acl kita mengikuti dari core joomla yang ada.

(Visited 93 times, 1 visits today)