Tak hanya Jakarta saja yang mengembangkan berbagai macam aplikasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Di kota lain seperti Purwakarta misalnya mereka mengembangkan aplikasi fungsional bernama SEMAR. SEMAR ini merupakan singkatan dari Safety Emergency Medical Rescue Ambulance. Aplikasi yang digagas oleh pemerintah ini memiliki tampilan grafis yang sangat menarik dan modern.

bupati-purwakarta-dedi-mulyadi-saat-melihat-layar-monitor_20160411_125027

Melalui aplikasi ini masyarakat di Purwakarta dapat mengecek lokasi Rumah Sakit dan Puskesmas terdekat. Namun yang menjadi keunggulan dari aplikasi ini yaitu pengguna dapat memanggil bantuan ambulans untuk datang kelokasi dimana Anda berada. Selain itu SEMAR juga telah terkoneksi dengan para petugas jaga 24 jam di Rumah Sakit dan Puskesmas di seluruh Kabupaten Purwakarta bahkan Rumah Sakit di daerah lain yang menjadi rujukan. Fitur lainnya yang ditawarkan adalah user dapat melakukan panggilan dokter dan bidan.

Petugas medis yang terhubung 24 jam dengan aplikasi tersebut akan mengambil tindakan cepat sesuai dengan kebutuhan pasien. Mereka juga akan menyediakan ruang kamar inap bagi pasien jika membutuhkan serta mengambil tindakan medis dalam kondisi darurat dan operasi.

Aplikasi yang baru diluncurkan pada 11 April 2016 lalu sepertinya harus terus berbenah. Karena banyak sekali masyarakat yang memberikan keluhan terhadap aplikasi ini. Pada saat akan mendoadload aplikasi ini di playstore terlihat beberapa pengguna mengeluh karena ketika mereka memanggil ambulans ternyata tidak ada ambulans yang datang ke tempat mereka. Ini menjadi koreksi bagi pemerintah Purwakarta dan pihak developer aplikasi ini. Sejauh ini masyarakat sudah antusias dengan keberadaan aplikasi yang sangat membantu ketika berada dalam kondisi darurat ini. Namun jika aplikasi ini tidak didukung dengan jumlah ambulans yang siap menjemput ke tempat user membuat panggilan maka sama saja ini akan menjadi sia-sia

Untuk menggunakan aplikasi ini, user harus mendaftar terlebih dahulu. Cara mendaftarnya dengan mengisi username, alamat email, hingga nomor KTP yang sesuai dengan data yang tercatat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Purwakarta. Pengisian nomor KTP ini diperlukan untuk menghindari orang-orang usil yang sembarangan memanfaatkan aplikasi ini untuk main-main. Untuk menggunakan layanan utama dari aplikasi ini user tinggal memencet menu PANGGIL AMBULANCE. Setelah user melakukan panggilan, akan ada operator yang berada di Pusat Komando Amblans yang akan membrikan tugas kepada unit yang memiliki posisi terdekat dengan pemanggil untuk diantarkan menuju Rumah Sakit terdekat.

Hingga saat ini aplikasi yang terus dalam pengembangan ini telah diunduh lebih dari seribu orang dan memperoleh bintang 4,4 di Play Store. Aplikasi yang dikembangkan oleh PT.Satu Lingkaran Teknologi ini memiliki ukuran yang kecil yaitu hanya mencapaiĀ  5MB saja. Namun yang sayangnya yang hanya bisa menikmati fasilitas yang ditawarkan oleh aplikasi ini hanya warga Purwakarta saja. Padahal seluruh masyarakat di Indonesia juga membutuhkan aplikasi semacam ini yang dapat menghubungkan masyarakat dengan tenaga medis secara cepat.

Meskipun begitu ini merupakan langkah awal yang cukup baik. Dengan branding yang lebih gencar lagi dan perbaikan mutu serta pelayanan maka aplikasi ini pasti akan menjadi idola bagi masyarakat Purwakarta. Bahkan tak menutup kemungkinan aplikasi ini dapat digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

 

 

(Visited 251 times, 1 visits today)