Ketika joomla versi 3.5 update dan perubahan terbesar dirasakan adalah sudah support dengan php 7, pada php 7 ini menawarkan sesuatu yang lebih pada load page yang lebih cepat, sebagaimana kita ketahui bahwa php 7 diklaim oleh PHP team bahwa PHP 7 lebih cepat hingga dua kali lipat dari php 5, tetapi pertanyaan bagi para pengguna joomla apakah penggunaan php 7 akan signifikan ?

php7joomla

Update php7 merupakan hal yang penting sejak di rilisnya update php versi 5 di tahun 2004, yang mana dari semua aspek mingkat hingga 2x lipat serta konsumsi memori yang di kurangi hingga sampai 50%. Di php7 juga mengenalkan beberapa deklarasi baru, dan class baru. Kabar buruknya bagi pengguna di bawah 3.5 akan ada masalah bila menggunakan php7 karena tidak kompatibel.

Pada pengujian yang digunakan adalah joomla 3.5 dan php versi 5.6 serta php versi 7 dimana hasilnya adalah, kecepatan joomla mengkat dua kali lipat dibanding bila menggunakan php versi 7 daripada php versi 5.6.

speedjoomla
Untuk rendering plugin Application: afterIntialise dan afterRenderComponent hanya memakan waktu 62 ms dan 60 ms bila menggunakan php 5.6 memakan waktu 149 dan 141 ms, dua kali lipat bukan peningkatanya.
Belum lagi memori yang di konsumsi bila pada php 5.6 menggunakan memori hingga 13 mb maka pada php 7 hanya menggunakan memori 8 mb, dari sini kita bisa menghemat memory hingga 40 persen untuk trafic sebuah website ini sangat penting menghemat memory yang digunakan.

Haruskah kita pindah ke php 7

Ini adalah yang sering ditanyakan kepada saya, haruskah kita pindah ke php 7 melihat performa yang menggiurkan ini. Bagi saya pribadi ini adalah sebuah kemajuan yang dicapai oleh joomla karena sudah support untuk php7, meskipun ini adalah salah satu elemen pendukung disamping banyak hal yang membuat kecepatan website itu meningkat.

Karena kecepatan website sendiri juga ditentukan oleh dimana letak hosting anda berada, kemudian memory yang digunakan, serta lainya. Jadi sekarang harus upgrade ? sabar dulu jangan terburu buru untuk upgrade website anda ke php7, karena ditakutkan juga ketika anda upgrade website malah error. Anda harus melakukan riset terlebih dahulu apakah ekstensi atau component dan plugin serta modul sudah mendukung php 7.

Ditakutkan ketika anda sudah upgrade ternyata beberapa ekstensi joomla anda tidak mendukung untuk php7 dan situs anda sudah running serta mempunyai pengunjung yang lumayan, ini tentunya sebuah kerugian bukan, jadi upgrade bila tidak merusak dari sistem dan ekstensi serta component dari joomla anda bila merusak jangan lakukan upgrade sambil menunggu ekstensi tersebut support dengan php7.

(Visited 187 times, 1 visits today)