Website wordpres anda lambat ? atau sudah pasang plugin yang free sampai premium masih juga lambat, atau anda ingin meningkatkan kecepatan wordpress anda sampai 2 detik, dimana asalnya 5 detik bahkan lebih.
WordPress-performance-optimization

Ketika loading dari website terasa lambat tentunya mempengaruhi pengunjung, mereka akan malas berkunjung karena ketika webnya di buka menunggu lama untuk tampil. Dan juga tahukah anda google memberikan penilaian seo salah satu aspeknya adalah kecepatan dari sebuah website, sekarang google meberikan ranking juga berbasikan user experience.

Berikut adalah tips dan trik untuk mempercepat loading hingga sampai 2 detik :

  1. Test Speed Web Anda
    Untuk pertama kita test dulu speed website anda saat ini kalau sudah sampai 2 detik gak usah lagi kita optimalkan karena sudah mentok kalau untuk 1 detik website anda blank saja hehehe, anda bisa gunakan tool dari gtmetrik atau gunakan pingdom tool  setelah anda test simpan hasilnya untuk kita bandingkan dengan setelah kita tweaking kecepatanya.
  2. Ganti Template anda dengan yang ringan
    Bila template anda berat dan banyak memakai resource sebaiknya anda ganti dengan template yang ringan dan memakan sedikit resources, banyak sekali template wordpres yang ringan dan tidak memakan resources yang banya. Tetapi bila anda tidak ingin mengganti template anda, anda tweaking template anda sehingga resource yang digunakan sedikit. Beberapa contoh dari template yang ringan dan bagus misalnya : Neat Template, Skadi, X template dan lain lain.
  3. Pasang Cache Plugin
    Memasang cache plugin yang tepat adalah prioritas yang utama, karena pengaruhnya sangat besar terhadap speed dan kecepatan website anda. Sebab dari ini adalah ketika user membuka website anda server akan mengirimkan data dari mysql untuk membuka halaman yang diminta oleh user, dengan adanya cache plugin ini maka user tidak lagi mengambil data dari database mysql tetapi mengambil dari halaman yang sudah di copy oleh plugin tadi disimpan sementara dalam webserver kita, jadi ini tentu tidak akan membebani web kita.
    Untuk plugin ini saya biasa menggunakan W3 Total Cache, plugin ini sendiri mempunyai fitur yang banyak dan sangat powerfull untuk meningkatkan kecepatan web kita, dari namanya saja total cache yang mana sesuai dengan namanya betul betul mengoptimalkan cache website kita.
    Untuk instalasi sangat mudah tinggal upload dan install, seperti gambar dibawah
    w3totalcache
  4. Mengaktifkan Compres data dan file
    Ketika user mengakses web kita dia akan meminta file dari server kita, katakanlah file yang diminta di cache itu sebesar 2Mb ketika kita mengkompresnya maka file tersebut akan menjadi hanya 200 kb, sangat besar bukan jaraknya. sama halnya di komputer ketika kita mengekstrak file dari zip atau rar pasti hasilnya akan lebih besar daripada file yang di compress tadi.
    Disamping anda bisa mengkompres file lewat plugin W3 Total Cache diatas tadi anda juga bisa melakukan kompres melalui cpanel hosting anda, caranya dengan masuk ke menu optimize website dan pilih compress all content seperti gambar ini :
    hostingcom
    contentsemua
  5. Hapus Dan Uninstall Plugin Yang Tidak Dibutuhkan
    Ketika pertama kali anda membuat situs dari wordpress tentunya anda ingin mencoba berbagai plugin yang ada, mulai dari slideshow, sosial share, typography dan sebagainya. Ketika situs anda sudah jadi hapus dan uninstall saja plugin yang tidak terpakai, karena ketika kita membuka website maka wordpress akan meload resources dari plugin tersebut otomatis ketika semakin banyak plugin maka akan membebani server kita.
    Untuk hasil yang optimal dengan speed web kita gunakan sedikit mungkin plugin, hapus dan buang plugin yang tidak diperlukan, dan jika menggunakan plugin gunakan dari yang terpercaya.
  6. Hapus Template yang tidak digunakan
    Sewaktu membuat website tentunya ada banyak template yang kita coba yang di sesuaikan dengan keinginan kita, tetapi pada akhirnya kita hanya akan memilih satu template, dan untuk itu hapus template lain yang tidak digunakan.template
  7. Optimasi Gambar
    Dalam website gambar merupakan suatu keharusan yang tidak bisa di tinggalkan, dimana dengan gambar yang menarik tentunya pengunjung akan menjadi betah dan berlama lama di website kita, tetapi pemilihan gambar yang salah akan mengganggu kinerja website kita, misalkan kita mengupload gambar berukuran 4mb ini akan memberatkan user kita dalam mengakses situs kita.
    Untuk mengatasi itu kita bisa mengedit gambar tersebut dan mengkonversi ukuranya menjadi beberapa kb saja, tetapi bila gambar kita banyak pasti hal yang sulit bukan, karena tiap kali mau upload mesti edit gambar dan compres ukuranya.
    Kita bisa memanfaatkan plugin wordpress yang bernama WP Smush It, plug ini di gunakan untuk meresize gambar tanpa mempengaruhi kualitas gambar. untuk free version ukuran yang di compres bisa lebih dari 1MB tetapi untuk yang pro version bisa lebih dari 5 MB.wp-Smush.it_
  8. Gunakan Sprite CSS
    Dalam pembuatan website kita banyak gambar yang terpisah, sehingga server akan memanggil gambar gambar yang terpisah tadi dan membutuhkan waktu karena memanggil satu satu, tapi jika kita menggunakan sprite css gambar tersebut akan di kumpulkan jadi satu sehingga pemanggilan hanya kepada satu gambar dan pastinya ini lebih cepat bukan.
    Tetapi css sprite ini adalah langkah yang tidak bagi pemula karena membutuhkan pengetahuan tentang css minimal dan pastinya, untuk membantu memahami css sprite dan triknya silahkan anda cari css sprite. Anda juga dapat memanfaatkan css sprite generator.
    Untuk Tips Trik CSS Sprite silahkan kunjungi Http://www.css-trick.com/css-sprites, sedang untuk generator Http://www.spritme.org
  9. Menggunakan CDNCDN-1

    CDN (content delivery network) merupakan layanan pendistribusian jaringan, jadi cdn ini adalah layanan untuk mengcopy konten web kita ke server yang terdekat dengan user yg mengakses website kita, kalau tanpa cdn maka user akan langsung mengakses website ke server utama kita.
    Banyak cdn bisa kita temukan jika anda ingin mencoba cdn secara cuma cuma salah satu yang pernah saya temukan adalah https://www.keycdn.com/ ada banyak lagi juga semacam maxcdn, cloudflare dan sebagainya.

  10. Optimasi Database
    Semua konten, komentar akan tersimpan dalam database kita, begitu juga plugin dan setingan website. Jika anda mengupdate database tiap hari, tentunya database juga akan bertambah bukan, bila database bertambah besar pasti membutuhkan load pemanggilan yang memakan waktu juga.
    Anda bisa mengatasi waktu pemanggilan database ini dengan mengoptimasikan tabel database dan tidak mungkin juga kita harus membuka phpmyadmin atau memakai command line untuk mengoptimasikan database tiap waktu, kita bisa memakai plugin salah satunya adalah WP-OPTIMIZE PLUGIN, plugin ini mengoptimasikan database, seperti menghapus spam, kemudian artikel yg ada disampah serta lainya.wp-optimize
  11. Menghindari Trackbacks dan Pingback spam
    Untuk menghidari trakcback dan pingback yang berpotensi sebagai spam silahkan anda masuk admin kemudian pilih setting pada gambar dibawah ini silahkan hilangkan centang pada trackback dan pingbakc kemudian save.setting
  12. Hindari gravatar
    Sebaiknya gunakan gravatar sendiri atau kalau tidak gunakan blank, daripada kita merequest gravatar pada website gravatar karena akan memakan waktu, untuk menggunakan gravatar sendiri bukan functions.php pada template anda kemudian tambahkan code ini :
  13. Mengatur Halaman Reading
    Ketika anda membuat katakanlah halaman reading menjadi 20 per halaman maka ini akan tidak optimal sebaiknya gunakan paling banyak 10 karena load datanya tidak terlalu banyak, kemudian untuk merubahnya masuk admin dan pilih setting
    reading_settings
  14. Meminimalkan draft yang di simpan
    Untuk draft sendiri pada wordpress tidak ada batasan, untuk setingan database yang optimal sebaiknya kita batasi setingan ini pada kisaran angka 20, untuk merubahnya buka wp-config.php, kemudian tambahkan ini :
  15. Menggunakan Plugin Performance Profile
    Plugin ini digunakan untuk menganalisa apabila website kita masih lambat, plugin akan mencari plugin atau bagian mana yang membuat website kita lambat, dan juga mengukur performa website kita.
  16. Menggunakan Hosting Yang Bagus
    Sama saja misalkan kita sudah seting bagus bagus tetapi hosting kita ternyata ngaco, jadi kita harus pandai pandai memilih hosting, setau saya bagus juga untuk hosting masterweb dengan stablitas dan layananya.
(Visited 210 times, 1 visits today)