Pemprov DKI Jakarta benar-benar serius mengembangkan kotanya menjadi smartcity. Mereka mengembangkan berbagai macam aplikasi dan menjalin banyak kerjasama dengan developer aplikasi untuk menyediakan aplikasi yang dapat bermanfaat bagi perkembangan kota Jakarta. Aplikasi iJakarta hadir pada Oktober 2015 yang dikembangkan oleh PT.Woolu Aksara Maya dan tersambung dengan Jakarta Smart City.

img-20160417-wa006

Aplikasi iJakarta ini merupakan aplikasi perpustakaan digital pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan alat untuk membaca buku digital. Didalamnya terdapat ribuan judul buku yang telah dikategorisasikan. Akses untuk buku digital tersebut juga gratis. Bagi user yang ingin meminjam buku di iJakarta harus mendaftar akun terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan email maupun mensinkronasikan akun facebook atau twitter untuk mendaftar. Setelah memiliki akun para peminjam buku bisa mengunduh buku yang telah dipilih dengan batas waktu peminjaman selama 4 hari.

Setelah batas waktu peminjaman maka otomatis buku akan dikembalikan. Tak hanya bisa membaca dan meminjam buku, user dapat saling berinteraksi satu sama lain dan merekomendasikan buku yang reccomended untuk dibaca.

Secara umum user interface yang ditawarkan aplikasi ini cukup menarik dan mudah digunakan. Penempatan menu-menu yang rapi dan cara pembuatan akun yang mudah membuat masyarakat tertarik untuk menggunakannya.

Terdapat menu “Rilis Buku Baru” yang memudahkan user untuk menemukan buku-buku baru yang sudah tersedia disana. Buku-buku juga sudah dikategorisasikan secara baik sehingga mudah untuk menemukan buku yang ingin Anda cari. Ketika Anda sedang membaca buku dan memiliki kesan menarik terhadap buku tersebut Anda dapat membagikannya melalui fitur share kepada teman-teman di kontak facebook, BBM, WA atau aplikasi media sosial lainnya yang Anda punya.

Fitur ini sama seperti yang terdapat pada portal berita. Pada menu profil pengguna Anda dapat mendeskripsikan diri Anda secara kreatif. Terdapat juga fitur wishlist yang berisi buku-buku yang ingin Anda baca serta fitur koleksi. Melalui aplikasi ini sesama pecinta buku juga dapat membuat forum khusus dan saling mengomentari buku-buku yang baru saja dibaca. Tentu ini akan menjadi hal menarik.

Aplikasi perpustakaan digital ini dapat diunduh di smartphone berbasis android, iOS, dan windows. Aplikasi ini juga dapat digunakan saat offline. Saat ini aplikasi iJakarta yang diunduh melalui android telah mencapai angka lebih dari 50.000 pengunduh. Kebanyakan pengguna merespon positif akan hadirnya aplikasi ini, tak heran jika aplikasi ini mendapat rating hingg 4,1 di playstore. User yang menyampaikan keluhannya melalui playstore juga ditanggapi secara cepat oleh pihak pengembang aplikasi. Ini membuktikan bahwa mereka benar-benar responsif terhadap keluhan yang disampaikan user.

Kedepannya pengembang iJakarta perlu terus menerus mengembangkan aplikasinya agar tidak sering terjadi crash maupun bug saat user menggunakan. Tentu itu akan menjadi masalah yang mengganggu ketika Anda akan memakai aplikasi tersebut namun tiba-tiba tidak bisa digunakan.

Sebenarnya masalah tersebut menjadi masalah umum yang sering terjadi pada aplikasi-aplikasi yang baru saja rilis. Apalagi jika pengguna semakin bertambah banyak. Namun pihak pengembang harus siap menyediakan aplikasi yang mantap untuk digunakan bagi masyarakat sehingga tidak sering bermasalah. Jika aplikasi terus-menerus bermasalah maka akan ditinggalkan penggunanya.

Dengan keberadaan aplikasi perpustakaan digital ini pemprov DKI berharap agar minat baca masyarakat semakin tinggi dan masyarakat bisa mengakses buku berkualitas secara cuma-cuma. Kini masyarakat tak perlu lagi membeli buku secara fisik ke toko buku karena bisa dicari di iJakarta secara gratis.

Selain itu melalui aplikasi ini pemprov DKI juga bisa memangkas anggarannya untuk mendirikan gedung fisik perpustakaan. Masyarakat pun merasa terbantu karena mereka tak harus jauh-jauh pergi ke perpustakaan ketika ingin membaca buku atau mencari buku referensi. Kita juga tidak harus pusing memikirkan denda buku ketika terlambat mengembalikan buku yang dipinjam.

Namun harap bersabar jika Anda ingin meminjam buku, biasanya untuk meminjam buku populer Anda harus mengantre terlebih dahulu karena peminatnya yang tinggi. Dengan aplikasi iJakarta ini tak hanya kota Jakarta yang akan berubah menjadi smart city namun masyarakat yang menggunakannya juga dapat menjadi smart people karena budaya membaca buku-buku yang berkualitas.

(Visited 57 times, 1 visits today)