Pada bulan Agustus kita pasti banyak melihat warna merah-putih dimana-mana. Hal itu karena pada bulan Agustus kita sedang merayakan Kemerdekaan RI. Kali ini bangsa Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-71. Pemerintah telah membuat desain logo ulang tahun resmi ke-71. Desain tersebut banyak digunakan pada website-website pemerintah daerah. Beberapa website pemerintah daerah juga menggunakan desain warna merah-putih sebagai templatenya. Itu menunjukkan semangat ke-Indonesiaan di hari kemerdekaan RI. Berikut ini beberapa website yang menggunakan warna merah-putih :

banten

  1. Provinsi Jawa Tengah

Website milik pemprov ini selain memiliki warna khas bangsa Indonesia yaitu merah putih juga menjadikan gambar bendera merah putih sebagai backgroundnya. Itu menjadikan website yang beralamat di jatengprov.go.id menjadi semakin berasa Indonesianya. Selain desainnya yang apik, tata letak kolomnya juga rapi. Informasi yang ingin didapatkan pengunjung dapat dicari pada menu-menu yang berada di atas web. Informasi yang disediakan pun juga lengkap. Mulai dari berita yang sering diupdate secara berkala, juga terdapat menu wisata yang juga kerap diperbarui.  Pada kolom sebelah kanan terdapat menu lapor gub dimana masyarakat dapat melaporkan permasalahannya melalui web untuk direspon pihak pemprov Jateng.

  1. Jakarta Selatan

Website milik pemerintah Jakarta Selatan ini memiliki tampilan yang modern. Ikon-ikon yang interaktif disematkan menjadi menu-menu utama yang memudahkan pengunjung untuk mencari informasi. Pada halaman utama terdapat logo resmi HUT RI ke-71 dan karikatur Bung Karno. Gambar tersebut memenuhi halaman utama. Dihalaman utama juga terdapat profil walikota dan wakil walikota. Agenda kegiatan juga diupdate dan ditampilkan pada halaman utama. Konten berita juga selalu diupdate dilengkapi dengan foto yang menjadi thumbnail pada halaman utamanya.

  1. Bengkulu

Website milik pemprov Bengkulu ini menggunakan gambar bendera merah putih dan logo resmi HUT RI ke-71 sebagai background. Semangat kemerdekaan Indonesia terpancar dari web ini. Pada halaman utama, foto-foto potensi budaya dan wisata Bengkulu memenuhi banner dengan transisi yang silih berganti. Berita di halaman utama juga selalu diupdate dengan tambahan foto-foto yang melengkapi. Jika pengunjung men-scroll kebawah lagi terdapat kolom berita utama dan kolom berita populer. Tak hanya berita seputar Bengkulu saja yang rajin diupdate, berita tentang pariwisata yang dimiliki provinsi Bengku juga sering diperbarui, itu menunjukkan bahwa pemprov  Bengkulu ingin serius menggarap potensi pariwisata mereka. Jika halaman utama terdapat berbagai macam berita, pada menu yang terdapat di banner atas terdapat berbagai macam informasi publik yang lengkap.

  1. Banten

Provinsi yang dipimpin oleh Rano Karno ini juga memiliki website resmi yang berwarna merah-putih khas warna bendera negara kita. Pada menu utama kita akan disambut dengan banner dengan gambar Rano Karno yang memenuhi halaman utama. Ketika kita scroll down kebawah maka menu yang ada diatas web akan berwarna merah dengan background putih. Bahkan ketika menunggu web ini loading akan muncul tulisan BANTEN yang berwarna merah dengan background putih polos. Font yang menjadi tema utama pun berwarna merah yang sangat kontras dengan background sehingga menjadi eye cathcing. Desain merah-putih nya yang modern semakin dipercantik dengan menu layanan masyarakat yang disediakan dalam bentuk ikon-ikon di halaman utama. Menu utamanya tak hanya terdapat di sisi atas web, pada samping kanan web juga terdapat menu utama dengan pilihan berbagai macam sub judul. Menu utama tersebut melengkapi informasi yang sudah dicantumkan di halaman utama. Informasi yang disediakan mulai dari profil lengkap pemimpin, visi misi, berita, hingga tentang provinsi Banten beserta prestasinya.

Warna merah-putih selain dapat menunjukkan identitas ke-Indonesiaan juga terasa menarik ketika digunakan sebagai template website. Warna putih yang netral digunakan sebagai background akan membuat font-font yang digunakan pada konten website menjadi lebih mudah dibaca. Apalagi ketika menu-menu atau font judul menggunakan warna merah, itu akan membuat lebih mudah terbaca.

(Visited 186 times, 1 visits today)