Kami menjual aplikasi E-Arsip Dinas atau sering disebut juga Aplikasi Arsip Digital. Aplikasi ini akan membantu mengelola data-data kedinasan agar terarsip secara digital dalam sistem cloud. Konsep aplikasi arsip digital yang kami buat ini mencakup seluruh pegawai yang ada di satu pemerintah kabupaten atau kota. Bisa juga untuk instansi pemerintah lainnya secara terpisah.

Secara garis besar aplikasi ini memungkinkan setiap pegawai memiliki akun untuk bekerja secara bersama dalam satu server web terpusat. Setiap pegawai pada dasarnya harus mengarsipkan file-file penting kedalam tempat penyimpanan yang aman. Selain aman juga dapat mempermudah dalam membagikan file tersebut kepada pihak lain yang membutuhkan secara sistematis. Sehingga walaupun seorang pegawai sudah pindah dari satu kantor ke kantor lain maka dia masih bisa mengases data-data arsip yang pernah dia kerjakan sebelumnya.

KONSEP APLIKASI E-ARSIP / ARSIP DIGITAL

1. Aplikasi ini untuk mengarsipkan dokumen/buku.
2. Dokumen discan lalu diupload kedalam sistem.
3. Setiap dokumen yang diupload memiliki atribut:
Nama
Jenis
Kategori
Judul Sampul
Tahun
Sumber
Tag/keyword
Keterangan
Lokasi arsip
Status
File Lampiran (PDF)
Gambar Sampul
Hak Akses
4. Setiap pegawai boleh menginput dokumen. dokumen yang diinput pegawai adalah dokumen miliknya. yang bisa melihat adalah dia sendiri.
5. Setiap pegawai dapat mentukan hak akses dokumennya. Hak ases: Private dan Public. jika dia pilih hak akses public maka dokumen tersebut dapat dilihat oleh orang lain.
6. Dari semua dokumen yang diupload oleh pegawai, nanti ada petugas/admin yang memilih diantara dokumen2 yang dishare oleh pegawai (hak ases public), untuk dijadikan sebagai dokumen resmi dinas.
7. Jadi nanti ada 3 kategori dokumen: dokumen private, dokumen public dan dokumen resmi.
8. Dokumen resmi tidak bisa dihapus oleh siapapun kecuali admin. pegawai yang mengupload dokumen tersebut juga tidak bisa menghapusnya.
9. dokumen bisa didownload sesuai hak akses
10. dokumen bisa dicari berdasarkan hak akses dan filtering pencarian
11. Jika diimplementasikan untuk skup kabupaten maka bisa jadi bank data
12. data yg berkategori data resmi dinas bisa dimanfaatkan untuk PPID
13. bisa digunakan untuk share permintaan data antar OPD
14. bisa untuk memberi penilaian bagi pegawai yang banyak share data yang bermanfaat

Jika anda berminat silahkan hubungi saya, klik halaman ini: http://blog.waroengweb.co.id/wordpress/tentang-saya.html

 

(Visited 229 times, 5 visits today)