Membuat laporan keuangan bagi kebanyakan instansi merupakan hal yang sangat merepotkan dan juga memakan waktu yang lama. Banyaknya data yang harus diolah dan dimasukkan secara hati-hati membuat pengelolaan keuangan menjadi hal yang rumit dan kompleks.

SIMDES

Namun saat ini teknologi sudah semakin maju sehingga memudahkan pekerjaan yang awalnya membutuhkan pengerjaan yang lama menjadi lebih singkat dan hasil pekerjaan menjadi lebih akurat. Apalagi jika menyangkut soal pengelolaan keuangan, keakuratan dan kehati-hatian dalam melakukan pengelolaan data merupakan hal yang utama.

Salah satu cara untuk dapat mempermudah dan mempercepat pengerjaan pengelolaan keuangan adalah dengan menggunakan bantuan Aplikasi Keuangan Desa (APKEDES / SIMDES). Lahirnya Aplikasi Keuangan Desa (APKEDES / SIMDES) yang memudahkan pengelolaan dana desa berlandaskan dasar hukum Permendagri No.113 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja negara.

Aplikasi Keuangan Desa (APKEDES / SIMDES) adalah aplikasi keuangan berbasis web yang ditujukan bagi perangkat desa untuk memudahkan dalam membuat pengelolaan administrasi keuangan desa sesuai prosedur pengelolaan keuangan yang terdapat dalam Permendagri No.113 Tahun 2014.

Semua pengelolaan administrasi keuangan yang dibutuhkan perangkat desa dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat melalui aplikasi ini. Perangkat desa yang memilki akses ke aplikasi ini hanya perlu melakukan penginputan data satu kali maka selanjutnya semua laporan keuangan secara otomatis akan dihasilkan secara cepat. Perangkat desa tidak perlu lagi memakan waktu lama ketika menginput setiap rincian keuangan desa pada setiap pembuatan laporan keuangan.

Dari aplikasi ini juga kita bisa melihat bagaimana arus keuangan desa setiap bulannya.  Arus keuangan disajikan dalam bentuk tabel pada beranda sehingga memudahkan setiap perangkat desa yang login kedalam aplikasi ini langsung dapat melihat arus keuangan desa yang tersaji di beranda.

CARA KERJA

Cara kerja aplikasi ini begitu mudah bahkan bagi aparat desa yang baru menggunakanya. Di menu paling atas terdapat menu panduan yang berbentuk PDF. Panduan tersebut sangat mudah dipahami bahkan bagi mereka yang tak pernah menggunakan aplikasi tersebut sebelumnya.

dashboard

Dalam panduan tersebut terdapat langkah-langkah menggunakan setiap menu yang terdapat di APKEDES / SIMDES. Tak hanya penjelasan dalam bentuk tulisan saja, menu-menu tersebut tampil dengan ikon-ikon yang menarik sehingga memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya. Langkah awal untuk menggunakan aplikasi ini sangat mudah, yaitu bagi aparat desa yang telah mempunyai akses, maka mereka tinggal memasukkan username dan password lalu memilih tombol login untuk dapat masuk kedalam APKEDES.

Cara login seperti ini tentu sangat mudah bagi masyarakat secara umum layaknya mereka login ke akun sosial media mereka. Selain itu dalam menggunakan aplikasi yang berbasis web ini, perangkat desa yang ingin mengoperasikannya tidak memerlupakan spesifikasi komputer yang khusus. Komputer maupun laptop standar yang dimiliki perangkat desa pun bisa mensupport penggunaan aplikasi APKESDES.


TAMPILAN

Tampilan awal APKEDES dibuat dengan desain putih-biru yang simpel namun menarik. Menu login terletak di sebelah kanan. Setelah login, maka akan masuk ke beranda yang terdapat grafik arus keuangan desa. Grafik tersebut juga dibuat dengan kombinasi warna yang kontras sehingga mudah untuk dibaca dan dipahami. Menu navigasi terdapat di sebelah kiri yang dipisah-pisahkan kedalam kategori yang berbeda-beda. Menu-menu yang berbentuk list tersebut juga tampil dengan icon yang menarik.


KEAMANAN

Tak usah takut akan ada manipulasi data keuangan yang dikhawatirkan bisa dilakukan oleh pihak lain. Karena hanya pengguna yang memiliki username khususlah yang bisa menggunakan aplikasi ini. Setiap pengguna yang memilki username juga harus melengkapi identitas asli mereka berikut mencantumkan jabatan yang diduduki. Jika ingin mengubah password yang lama, perangkat desa juga bisa menggantinya dengan password baru pada menu profile yang terdapat di sebelah kanan atas aplikasi.

sinkron

Selain itu dalam aplikasi ini terdapat menu backup data dimana menu tersebut dapat digunakan untuk mengembalikan hasil kerja seperti semula ketika terjadi kerusakan sistem. Menu tersebut tentu menjaga data lebih aman dan tidak hilang begitu saja ketika perangkat desa menginput data kedalam APKEDES.

MANFAAT

Berbagai macam manfaat dapat diperoleh Desa yang menggunakan aplikasi APKEDES ini. Selain mempermudah dalam mencatat dan mengolah informasi keuangan desa, aplikasi ini juga mempercepat proses pencatatan keuangan yang dikenal rumit dan memakan waktu yang cukup lama karena data yang dimasukkan sangat kompleks.

laporan

Pengerjaan laporan keuangan pun menjadi rapi karena telah disediakan kolom-kolom khusus sesuai dengan menu yang dipilih. Hal tersebut juga mengurangi kesalahan dalam penginputan data. Jika data yang telah dimasukkan ternyata perlu direvisi ulang, tersedia menu edit yang bisa digunakan untuk memperbarui data yang telah dimasukkan.

Setelah itu sistem aplikasi secara otomatis akan mengikuti pembaharuan data yang telah dilakukan. Tak hanya bisa membuat laporan keuangan dengan praktis, dengan aplikasi ini perangkat desa juga bisa melakukan inventaris barang-barang yang dimiliki desa sehingga terdata secara rapi.

Pada setiap menu juga terdapat kolom pencarian yang dilengkapi dengan filter beragam sehingga memudahkan pencarian setiap data keuangan yang diperlukan dengan cepat. Data yang sudah diinput kedalam APKESDES ini juga dapat disinkronasikan secara online maupun offline ke server kabupaten sehingga database keuangan dapat terkumpul secara terpadu.

sinkron

Selain dari segi kepraktisan, penggunaan APKEDES untuk melakukan pengelolaan keuangan desa akan mengurangi pemakaian kertas. Dengan mengurangi pemakaian kertas maka beban pengeluaran dana desa pun dapat ditekan sehingga alokasi dana bisa digunakan untuk hal lain. Namun jika membutuhkan laporan versi cetak, perangkat desa tinggal menghubungkan komputer maupun laptop ke printer dan dapat memilih laporan keuangan yang butuh untuk dicetak.

Praktisnya dengan menggunakan APKEDES ini, laporan keuangan yang tercetak secara otomatis akan langsung dilengkapi dengan logo daerah beserta alamat dan nama instansi serta nama kepala pejabat dan sekretarisnya yang memiliki peran untuk mengesahkan laporan keuangan tersebut.

Hal tersebut tentu memudahkan pekerja perangkat desa dalam pembuatan laporan keuangan, karena mereka tidak perlu lagi melakukan editing atau penambahan berbagai macam komponen yang diperlukan karena format laporan keuangan yang tercetak melalui APKEDES adalah format laporan keuangan yang mengikuti standar pembuatan laporan keuangan.

APKEDES sangat mudah digunakan bagi siapa saja. Perangkat desa yang memiliki pengetahuan dasar tentang komputer bisa dengan cepat menguasai penggunaannya karena memang tidaklah begitu rumit. APKESDES ini terbukti mempermudah perangkat desa dalam melakukan input data secara mandiri.

Perangkat desa yang bertugas membuat laporan keuangan tak harus berada dikantor lagi ketika harus menyelesaikan pekerjaannya membuat laporan. Namun, bisa dimanapun berada. Pengelolaan keuangan yang rumit menjadi praktis dan dapat dikerjakan dalam waktu yang singkat. Tingkat keakuratan pun lebih tinggi. Ditambah lagi terdapat pilihan “print” pada setiap laporan pada masing-masing menu. Dengan sekali klik, laporan keuangan pun dapat dicetak tanpa perlu repot dan tanpa menunggu lama lagi.

Saat ini tak hanya kota saja yang harus bertransformasi menjadi smart city dengan melakukan pemanfaatan teknologi untuk mencapai kemudahan dalam mengatasi permasalahan kota. Namun desa-desa yang ada di Indonesia juga harus bertransformasi menjadi smart village dengan langkah nyata yaitu pemanfaatan APKEDES sebagai sarana pengelolaan keuangan desa yang cepat, efektif, aman dan akurat serta dapat tersinkronisasi dengan server kabupaten.

Silahkan hubungi saya untuk mendapatkan produk ini.

Nama: Vebri Dores, S.Kom
Website: www.waroengweb.co.id
Email: responsiblevebri/at/gmail/dot/com
FB: http://www.facebook.com/vebridrs
Google+: https://plus.google.com/110317889564068613562
Call/SMS/WhatsApp/Line: O813-6620-5760
Pin BBM : 56B909EE

(Visited 889 times, 1 visits today)