Blog Cara Membuat Rainbow Cake dot Com sudah lahir tiga bulan lalu (Sekitar bulan September 2013). Hanya saja blog sahabat saya ini masih belum muncul juga di halaman satu atau dua google. Kalau blog caramembuatdonatkentang.com beliau sudah saya bantu link dan alhamdulillah udah muncul di halaman dua google (Silakan search di gugel kata kunci: cara membuat donat).

Kali ini mau kasi bantuan untuk blog cara membuat rainbowcake. Caranya sederhana: hanya menyuntikkan link dari blog PR2 saya ini ke halaman utama blog beliau. Nah, untuk nytuntikkan link maka saya buatlah artikel (Artikelnya ini, yang sedang anda baca) yang mengandung kata kunci rainbow cake alias kue pelangi. Saya tulis beberapa kalimat sampai sekitar berjumlah 300.

UPDATE Per Tanggal 15 Februari 2014: Blog Teman Saya Itu Sudah di Halaman 4 Gugel Dengan Kata Kunci di-exact-kan (pake tanda kutip): “Cara Membuat Rainbow Cake”.

Mengapa harus ada kata kunci rainbow cake dan mengapa pula harus 300 kata?

Jawab:

Kata kunci rainbowcake harus ada karena ini adalah logika referensi. Orang kalau mau mereferensi sesuatu, kan biasanya menyebutkan nama atau kata yang direferensi. Misal anda mau nunjukin warung pempek yang enak, maka kita akan bilang ke orang, “Disitu ada warung pempek enak, lho.” begitu juga kalau saya mau mereferinsikan ke anda tentang resep donat, saya akan bilang, “Di situs ini caramembuatdonatkentang.com ada resep donat enak lho.”. Nah, begitu juga kalau saya mau kasih referensi ke orang untuk menyicipi resep rainbow cake melalui tulisan ini maka saya harus mencantum kata kunci yang saya maksud. Jadi intinya, ngasih link itu adalah ngasih referensi.

Jumlah kata yang harus saya tulis juga harus lumayan banyak. Tujuannya untuk apa? Agar saya dapat menyisipkan atau mengkreasikan beberapa kata kunci itu didalam artikel. Semakin banyak kata kunci yang saya sisipkan, semakin mudah mesin pencari seperti google menemukan artikel ini. Menurut para pakar SEO, kata kunci yang akan kita bidik itu harus kita letakkan paling tidak di sepuluh baris pertama atau sepuluh baris terakhir tulisan kita. Bila kata kuncinya ada diawal dan diakhir maka robot gugle akan menganggap sebuah artikel diperuntukkan menulis suatu tema atau cabang dari tema itu. Setelah itu, gugel akan menggolongkan artikel kita kepada kelompok tema tertentu (Ini semacam rumus logika sederhana: kategoriasasi) Dan bila didalam artkel itu terdapat link ke suatu blog atau situs dengan tema yang sama, maka situs pencari akan mmeberikan kualitas baik pada link ini.

Demikian tips sederhana untuk SEO kali ini. Mudah-mudahan bantuan saya ini dapat berefek bagus untuk blog cara membuat rainbow cake milik teman saya. Kita lihat saja hasilnya dalam beberapa bulan ke depan, apakah gugel akan menaikkan posisinya ke halaman yang lebih TOP?

(Visited 37 times, 1 visits today)