Berikut ini adalah 9 cara menulis artikel untuk di-online-kan. Selamat membaca:

  • Santai. Anda tidak dapat menulis sesuatu jika Anda tegang. Ambil posisi duduk yang baik yang membuat anda nyaman ketika Anda mengetik atau menulis. Regangkan tulang punggung, leher, bahu, pergelangan tangan… tarik nafas dalam-dalam dan berdoa. Atau menulis lah seperti anda sedang bercerita… seperti yang teman saya tulis dalam blognya cara membuat cerpen atau cara menulis cerpen… silakan kunjungi untuk inspirasi
  • Terserah. Ketik atau tulislah sesuatu yang di luar rencana menulis anda. Tulislah yang sembarang dan bebas. Setelah kondisi anda “panas” barulah menulis apa yang anda rencanakan.
  • Bergairah. Anda tidak sedang mengerjakan tugas dari siapapun. Ini adalah murni keinginan Anda. Karena itu, tulislah tentang apa yang Anda suka dulu. Anda dapat menulis dari bagian yang paling menarik bagi anda. Misalnya menulis poin-poin terlebih dahulu sebelum menulis latar masalah. Anda bisa menulis kesimpulan dulu sebelum menulis isi. Anda bisa memilih satu poin yang anda senangi dulu sebelum menulis yang lain. Yang penting Anda bisa bergairah.
  • Sertakan emosi. Emosi dapat menambahkan rasa pada setiap kalimat atau paragraf, baik rasa positif maupun yang negatif. Tularkan emosi Anda melalui kata-kata yang mengandung emosi. Berikut ini kata-kata yang mengandung emosi: Santai, Tegang, Nyaman, Terserah, Sembarang, Bebas, “Panas”, Bergairah, Murni, Suka, Menarik, Emosi. Dan saya sudah garis-bawahi kata-kata itu pada poin-poin sebelumnya.
  • Konsen.  Jangan hiraukan apa pun yang mengganggu pikiran Anda. Berkonsentrasi pada tulisan Anda, dan fokus sepenuhnya sambil berzikir, “Allazi ‘Allama bil Qolam. ‘Allamal Insana Ma Lam Ya’lam…” Alloh, Zat Yang Mengajari Manusia Dengan Pena. Yang menunjuki ilmu yang manusia belum tahu….. Lafazkan yang banyak dan khusyuk.
  • Endapkan. Endapkan satu atau dua hari. Anda juga bisa meminta teman mengkritik pekerjaan Anda sehingga Anda dapat melihat apa yang baik dan buruk. Anda bisa cepat memperbaiki diri dengan cara ini. Ini mengasyikkan dan menantang.
  • Perbaiki. Lengkapi mana yang kurang, potong mana yang lebih. Buang mana yang tidak logis, tambahkan argumen yang masuk akal. Lakoni dengan senang hati.
  • Edit. Periksa ejaan dan tata bahasa. Lakukan dengan bergembira.
  • Kalo tulisan kita kopi paste pastikan bahwa rujukannya atau blog/ situsnya kita cantumkan. (Khusus untuk buku, Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet tentu lain lagi)
  • Terbitkan online di blog.

Yups… demikian 9 tips menulis artikel untuk di-online-kan. Apakah ini menarik? Apakah mudah diikuti? Apakah Anda suka membacanya? Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Rekomendasi Tempat Kursus Menulis Online:

Rujukan menulis ilmiah:

 

(Visited 502 times, 1 visits today)