Bagaimana cara menulis yang sesuai untuk SEO? Sulit nggak sih?

Jawaban saya: Menulis untuk SEO itu tidaklah sulit.

Berikut ini ada dua hal yang harus Anda perhatikan, masalah teknis dan masalah kemanfaatan tulisan:

Pertama, masalah teknis. Untuk masalah teknis Anda bisa dapat banyak di belantara jagat, ketik saja di google: Cara Menulis Artikel SEO.

Kedua, masalah kemanfaatan tulisan. Ini yang lebih utama. Menurut saya bagian inilah yang membuat blog ini mendapatkan page rank 2 dari google, Alhamdulillah.

Saya lebih cenderung menitik beratkan yang kedua ini, pada manusia (pengunjung blog saya) bukan pada mesin pencari. Saya lebih cenderung menulis untuk berbagi manfaat. Terutama dalam hal keilmuan saya. Walaupun tulisannya tak seperti kualitas penulis profesional tapi fokus saya bagaimana tulisan saya bisa DIMENGERTI sama pembaca. Terutama di blog ini, saya banyak bicara IT. So, saya tinggal kasih langkah-langkah how to tentang tema IT yang saya angkat. Pertama begini, kedua begitu, ketiga… bla bla bla…. Initnya adalah pembaca bisa melakukan apa yang saya terangkan. Masalah teknis SEO, itu nomor sebelas….

Saya menulis seperti saya ngomong sehari-hari saja. Tidak terpaku pada EYD. Toh Kalau kita ngomong, apalagi pake bahasa daerah kan lancar-lancar saja. Yang penting bicara dan bicaranya kita itu DIMENGERTI.

Penekanan saya pada kata DIMENGERTI ada alasannya. Dalam kata MENGERTI terdapat tujuan orang mencari ilmu, yaitu memahami. Kalau udah paham, orang mudah-mudahan orang bisa praktek. Kalau mereka bisa praktek dengan perantara ilmu kita, berarti kita telah berbagi MANFAAT. Dan bila sudah bermafaat… maka kita akan mendapatkan efek SEO secara tidak langsung. Mereka yang puas dengan tulisan kita akan kasih link ke blog kita dan biasanya mereka juga merekomendasikan kepada orang lain.

Bila kita telah menerapkan unsur berbagi, maka secara otomatis mesin pencari akan menempatkan blog atau situs kita pada posisi bagus. Karena dengan berbagi, kita sebenarnya telah menerapkan unsur utama tujuan dibuatnya internet dan mesin pencari: Untuk saling terkoneksi dan berbagi.

Saran saya untuk Anda:

Perkaya tulisan di blog Anda dengan ilmu yang anda kuasai, yang bermanfaat. Niatkan untuk berbagi manfaat. Sedangkan untuk masalah pertama, mengenai teknis SEO artikel, cukup beberapa artikel saja. Jangan semua artikel Anda hiasi dengan teknis SEO yang kadang mengganggu konsentrasi baca pengunjung seperti banyak menebalkan, memiringkan, menggarisbawahi, atau mengulang-ulang kata atau frasa yang sama. Nanti para pempaca anda tidak betah dan mereka bisa kabur.

Tunjukkan orisinalitas. Manusia suka yang orisinil. Makin orisinil makin bagus. Tunjukkan yang manfaat. Makin banyak manfaat makin digemari.

Islam yang saya anut sudah mengajarkan saya melalui lisan Nabi Muhammad saw: Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk manusia lain.

Yups, demikian tulisan ini saya buat. Terima kasih telah mampir. Silakan berkomentar bagi yang ingin berbagi, ya.

jual tool seo penyusun kata otomatis

(Visited 86 times, 1 visits today)