Aplikasi E-Planning adalah aplikasi yang khusus dirancang untuk membantu memudahkan Bappeda dan SKPD lainnya menyusun dokumen perencanaan yang selama ini masih manual. Aplikasi E-Planning Bappeda juga sering disebut dengan SIPPD (Sistem Informasi Perencaan Daerah).

Aplikasi untuk mengelola database Renja, RKPD, Musrenbang, KUA, PPAS dan lain-lain

Setelah saya pelajari dan mendalami semua pekerjaan yang terkait dengan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan yang ada di Bappeda, saya berkesimpulan bahwa sebenarnya semua pekerjaan rutin tersebut bisa di sederhanakan dengan sebuah aplikasi seperti aplikasi SIPPD Bappeda.

Semua produk dokumen yang ada di Bappeda sebenarnya sudah memeliki format baku yang diatus sesuai dengan Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian dan Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah. Dalam Permendagri No 54 tersebut sudah dijelaskan secara rinci mekanismenya tinggal mengikuti sesuai aturan yang berlaku.

Namun masalahnya karena tidak diolah dengan sistematis dengan aplikasi khusus maka sangat memperlambat dalam penyusunan dokumen. Jika semua dokumen tersebut hanya diolah mengandalkan software standar seperti MS Excel maka sangat banyak sekali masalah yang akan timbul terutama dalam mengsingkronkan data-data tersebut antar dokumen yang berbeda. Belum lagi perhitungan pagu anggaran yang sebenarnya sederhana namun karena datanya banyak maka agak sulit menyelesaikan dalam waktu yang singkat.

Atas dasar itu kami berupaya membuat sebuah aplikasi khusus untuk mengolah database dokumen perencanaan pembangunan daerah yang mudah di dipakai, dan tidak merepotkan. Ini sebenarnya tantangan bagi saya untuk membuat sebuah program aplikasi SIPPD yang mudah dan simpel. Setelah saya perhatikan ternyata di banyak instansi termasuk di Bappeda sudah menggunakan aplikasi yang sudah dibuat oleh konsultan lain sehingga sulit untuk meninggalkan aplikasi tersebut untuk beralih ke aplikasi baru karena biasanya operatornya enggan menginput ulang semua database yang sudah ada didalam aplikasi tersebut. Namun dengan aplikasi yang saya buat ini bisa mengsingkronkan dengan aplikasi yang sudah ada sebelumnya. Jadi aplikasi tersbut masih bisa di pakai dan aplikasi saya ini akan membantu untuk mengolah data secara online.

Mengapa Harus Online?

Aplikasi SIPPD ini bisa dijalankan secara online dan offline. Namun lebih menguntungkan jika dijalankan secara online. Anda bisa menyewa server hosting yang murah atau menyediakan server internet sendiri di kantor agar bisa diakses oleh seluruh SKPD dari kantor masing-masing melalui jaringan internet. Karena dukungan jaringan internet sekarang sudah sangat bagus maka sebenarnya bukan masalah lagi kalau semua SKPD diminta untuk mengakses aplikasi ini dari kantor mereka masing-masing. Bappeda cukup memberikan username dan password login kepada masing-masing operator SKPD. Setiap SKPD hanya bisa mengakses data SKPD mereka masing-masing. Hak akses pengguna aplikasi bisa diatur sesuai keinginan admin Bapedda sehingga bentuknya bisa macam-macam.

Data hanya sekali input saja

Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah data hanya sekali input saja. Kemudian data tersebut diproses sesuai dengan tahapan penyusunan dokumen sampai kepada tahapan akhir. Jadi hanya menghapus atau mengubah data yang sudah ada pada data dokumen sebelumnya. Tahap pertama semua SKPD diminta untuk menginput data RENJA SKPD. Setelah semua SKPD menginput data RENJA maka Bappeda bisa langsung cetak Draf RKPD. Kemudian dari data Renja dan Draf RKPD setiap kecamatan bisa menyisipkan usulan-usulan pekerjaan pada kegiatan SKPD. setelah selesai musrenbang kecamatan, SKPD bisa mengedit dan menghapus usulan-usulan dari kecamatan pada saat forum SKPD. Lalu kemudian pada saat musrenbang kabupaten juga bisa diedit dan dihapus usulan-usulan tersebut sampai kepada KUA dan PPAS. Jadi data yang diolah hanya satu data saja untuk semua dokumen yang dibutuhkan. Hal ini sangat mempermudah dan mempercepat pekerjaan Bappeda dan SKPD lain.

Jika anda berminat dengan aplikasi ini silahkan hubungi saya dengan data kontak dibawah ini. Saya terbuka jika anda ingin menyesuaikan aplikasi ini agar sesuai dengan keingan anda karena kondisi di masing-masing daerah berbeda-beda. Jangan takut menghubungi saya karena saya bukan penipu hehehe… saya bersedia bertemu langsung dengan anda karena memang kita harus bertemu langsung untuk menunjukkan dan mendiskusikan lebih lanjut tentang program yang akan dibuat, itu kalau kita sudah deal terlebihdahulu.

Baca selengkapnya disini: https://blog.waroengweb.co.id/sippd-bappeda/program-aplikasi-sippd-online.html

(Visited 3,974 times, 1 visits today)

Related Posts

10 thoughts on “Jual aplikasi E-Planning Bappeda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp chat