Artikel tentang ini sebenarnya sudah banyak dibahas. Namun saya ingin memperjelas lagi dari sudut pandang yang berbeda dengan orang lain.
1. Coba anda cari di google dengan keyword “jual pulsa murah” mengapa bukan situs MKIOS atau Telkomsel yang muncul di nomor 1 google? Padahal semua orang indonesia tahu bahwa MKIOS adalah distributor pulsa terbesar diindonesia.  Tapi malah yang muncul di nomor 1 google adalah domain jual-pulsa.web.id.
Jadi jika anda ingin domain anda mendapat rangkin terbaik di google untuk kata kunci “jual pulsa murah” maka belilah domain jualpulsamurah.com atau jualpulsa.com atau pulsamurah.com
2. Misalnya anda memiliki perusahaan batik dengan nama PT. Indo Batik Sentosa, maka apa nama domain yang bagus untuk perusahaan anda? Jawabannya: ada dua pilihan.
– Pertama jika anda ingin agar orang mudah menemukan situs perusahaan anda maka domain yang paling bagus buat anda adalah indobatiksentosa.com atau indobatiksentosa.co.id. Jadi apabila orang mencari digoogle dengan kata kunci “pt batik sentosa” maka domain andalah yang akan mendapat peringkat 1 google.
– Kedua jika anda ingin agar orang mudah menemukan produk yang anda jual bukan nama perusahaan anda maka domain yang cocok buat anda adalah batikmurah.com atau batikmodernmurah.com. Jadi apabila orang mencari digoogle dengan kata kunci “batik murah” maka domain anda besar kemungkinan akan muncul dihalaman pertama google.
– Dan jika anda ingin kedua-duanya maka belilah kedua domain tersebut.
3. Lalu bagaimana caranya mengetahui kata kunci yang paling banyak dicari orang? Caranya gunakan Google Keyword Tools (https://adwords.google.com/o/KeywordTool) atau http://www.wordstream.com/ disana anda bisa melakukan riset kata kunci dan pesaingnya. Jika yang mencari banyak dan pesaingnya juga banyak maka itu kurang bagus. Jika yang mencarinya sedikit dan pesaingnya juga sedikit itu juga kurang bagus. Carilah yang mencarinya banyak dan pesaingnya sedikit. itu saja rumusnya. Tapi kata kunci ini jangan terlalu dipaksakan. Mungkin kita lebih fokus pada barang yang kita jual. Kalau yang mencari kata kunci “jual pulsa” banyak namun kita tidak menjual pulsa ya tidak usah dipakai.
4.   Saya pernah coba cari di google dengan kata kunci “tenda promosi”. Saya heran mengapa bukan tendapromosi.com yang nomor 1 malah mitratendapromo.indonetwork.co.id. Setelah saya pelajari ada beberapa kemungkinan:
– Umur domain  mitratendapromo.indonetwork.co.id lebih tua dari pada tendapromosi.com. Google akan lebih percaya pada situs yang lebih tua daripada situs yang baru dibuat.
– Konten / isi  situs mitratendapromo.indonetwork.co.id lebih banyak dari pada isi situs tendapromosi.com. Google lebih senang dengan situs yang kaya dengan kontent karena konten adalah raja.
– Kemungkinan besar situs tendapromosi.com tidak pernah diupdate sejak pertama dibuat. Padalah setiap ada update terbaru disitus kita maka mesin crawling google akan merekamnya. Google akan membuat urutan berdasarkan konten terbaru (yang paling uptodate) yang paling atas.
5. Jika anda menjual produk yang terkenal dalam skala internasional maka untuk bersaing mendapat ranking google anda harus mengalahkan ribuan bahkan jutaan website di seluruh dunia. Berbeda halnya kalau produk yang anda jual adalah produk spesifik lokal mungkin bisa mendapat peringkat pertama google karena saingannya sedikit. Misalnya coba anda cari “casiavera kerinci” di google maka web casiaverakerinci.com yg salah satu member PDN akan tampil di halaman utama google karena saingannya sangat sedikit.
6. Ada yang bilang jangan menggunakan karakter – dan angka pada domain. Hal ini sebenarnya hanya membuat orang tidak nyaman mengetik alamat domain anda. Kalau masalah pencarian google tidak terlalu berpengaruh.
(Visited 502 times, 1 visits today)