Selama ini saya terkonsentrasi pada pemograman dan desain website. Pelanggan saya selalu menanyakan tentang tips SEO. Namun tidak saya tanggapi dengan serius. Alasannya pertama memang saya tidak begitu paham, kedua saya tidak begitu tertarik dengan SEO. Hal ini disebabkan saya belum merasakan betul manfaat SEO, lagi pula menurut saya SEO suatu yang menjadi rahasia perusahaan google. Google hanya memberikan beberapa informasi tentang SEO dan itu sudah saya baca. Tapi saya lihat artikel yang berkembang di blog dan situs yang mengupas tentang SEO berkembang kemana-mana seolah mereka tahu isi mesin google.

Lalu akhir-akhir ini saya mulai seruis sedikit mendalami tentang beberapa bagian SEO. Ternyata asik juga. Beneran asik. Maka saya tidak sabar untuk share ke teman-teman disini. Tapi perlu dicatat bahwa tulisan ini adalah hasil pengalaman saya sendiri. Saya tidak pernah kursus SEO kepada orang lain. Sebagai programmer website saya lebih mendalami pada hal-hal tertentu saja. Jadi jika tulisan saya ini berbeda dengan tips SEO yang pernah dibahas oleh orang lain ya… saya serahkan kepada anda untuk menilainnya sendiri. Tapi semua yang saya tulis disini adalah jujur hasil pengalaman pribadi saya. Okelah mari kita lihat bagaimana ceritanya…

Begini; semua orang pasti ingin situsnya berada pada nomor 1 google. Lalu bagaimana agar situs kita bisa dapat no 1 dalam urutan pencarian di google? Nah itulah inti dari pembahasan SEO. Secara garis besar banyak faktor penyembabnya. Salah satunya adalah dalam memilih nama domain. Khusus tentang cara memilih domain saya telah buat sebuah tulisan khusus, silahkan Klik disini untuk melihat artikel saya. Kemudian faktor lain yang sangat berpengaruh adalah Pagerank situs kita. Oke jadi kita mulai membahas pagerank dulu.

Pagerank

Google telah membuat peringkat semua situs yang ada di internet. Peringkat atau ranking dimulai dari 0 sampai 10. Situs paling jelek pagerank nya 0 dan paling bagus pagerank nya 10. Untuk mengetahui pagerank sebuah situs silahkan buka situs www.prchecker.info lalu masukkan alamat domain situs yang diinginkan nanti lihat hasilnya.

Pengaruh pagerank

Pagerank sebuah situs sangat berpengaruh. Misalnya coba anda cari di google “Cara membuat website versi mobie” maka situs saya www.blog.waroengweb.co.id akan muncul di urutan nomor 1 atau paling tidak di halaman pertama. Padalah tulisan tentang itu banyak. Mangapa situs saya yang dapat urutan atas? Jawabannya karena pagerank situs saya adalah 2 sedangkan pagerank situs orang lain mungkin lebih rendah dari situs saya. Nah jadi kesimpulannya google akan membuat urutan index pencarian berdasarkan pagerank situs. Situs yang memiliki pagerank paling tinggilah yang akan menempati urutan teratas.

Pagerank bisa juga dipahami sebagai tingkat kepercayaan terhadap sebuah situs. Semakin tinggi pagerank maka situs itu termasuk situs terpercaya. Okelah, agap saja anda sudah paham tentang pagerank. Lalu bagaiamana agar sutus anda mendapatkan pagerank tinggi? Nah inilah yang akan kita bahas lebih lanjut.

Cara mendapatkan pagerank

Baik sekarang kita mulai serius. Bagaimana cara mendapatkan pagerank untuk situs anda? Jawabannya ada banyak cara atau banyak faktor yang membuat sebuah situs mendapatkan pagerank. Tapi dari banyak faktor, yang paling berpengaruh atau yang paling populer adalah dengan membuat backlink. Ok saya akan jelaskan dulu tentang backlink.

Tentang backlink

Backlink adalah link referensi dari situs lain ke situs kita. Ya sederhananya begitu. Untuk lebih jelas coba anda buka situs www.kerincikab.go.id. Lihat di paling bawah (footer) ada link ke situs WaroengWeb. Itu artinya situs WaroengWeb.co.id mendapat backlink dari situs www.kerincikab.go.id. Semakin banyak sebuah situs mendapatkan backlink maka besar kemungkinan situs itu akan mendapatkan pagerank tinggi. Logikanya mirip dengan kehidupan di darat. Misalnya kita bertanya dimana tempat makan enak maka kita pasti akan lebih memilih rumah makan yang paling banyak direkomendasikan/ditunjuk orang.

Tapi kan tidak semua omongan orang bisa kita terima begitu saja, tentu kita lihat dulu orangnya. Apakah orangnya bisa dipercaya atau tidak, jangan-jangan penipu. Dalam kasus diatas, kalau kita mendapat backlink dari situs yang tidak memiliki pagerank maka tidak akan berpengaruh dengan pepularitas situs kita. Salah satu faktor mengapa situs WaroengWeb.co.id mendapat pagerank 2 adalah dia mendapatkan backlink dari situs yang memiliki pagerank 4 yaitu www.kerincikab.go.id. Dan banyak lagi backlink dari situs yang memiliki pagerank 1 yang memberikan link kepada situs saya. Padahal dalam situs saya sedikit sekali pengunjungnya dan kontennya juga sangat sedikit.

Jumlah Pengunjung

Faktor lainnya adalah jumlah kunjungan. Kembali kita misalkan dengan rumah makan, kalau kita lihat di sebuah rumah makan banyak mobil dan motor parkir pasti kita akan berfikir rumah makan itu bagus walaupun belum pernah ada yang mengarekomendasikan kepada kita tentang rumah makan itu. Jadi kalau situs kita mendapat banyak pengunjung besar kemungkinan akan meningkatkan pagerank. Lalu bagaimana caranya mendapatkan banyak pengunjung? Tentu dengan menyediakan konten yang bermanfaat dan yang banyak dicari orang. Makanya ada istilah “keyword paling dicari”. Lalu orang berlomba-lomba membuat artikel yang paling banyak dicari orang dengan harapan mendapat banyak kunjungan. Namun semakin banyak dicari orang pasti banyak pula pesaingnya karena situs orang lain juga banyak yang menulis tentang itu. Tapi kalau anda bikin tulisan yang sedikit pesaingnya otomatis sedikit pula peminatnya. Jadi yang terbaik bagaimana? Ya apa adanya aja ga usah pusing nanti malah ga jadi nulis 🙂

Konten situs yang baik

Idealnya sebuah situs haruslah informatif. Lah iya, emang tujuan dibuatnya situs kan untuk memberikan informasi. Walaupun situs anda hanya untuk jual produk, saran saya harus diperkaya dengan artikel-artikel dan informasi pendukung lainnya seperti gambar, video, peta lokasi dan sebagainya. Inilah yang saya coba terapkan di situs www.produkdalamnegeri.com dimana setiap member yang bergabung di situs tersebut akan dibimbing secara tidak langsung oleh sistem untuk melengkapi fitur-fitur konten yang tersedia. Selain itu konten juga harus uptodate artinya sering-seringlah update tulisan. Mesin google juga akan mengurutkan informasi yang paling barulah yang diperioritaskan daripada konten yang lama. Semakin sering kita mengupdate konten maka sesering itulah mesin boot google mengunjungi situs kita. Ini sangat berpengaruh dalam penilaian google terhadap situs kita.

Dalam membuat konten situs agar pengunjung betah anda harus menyajikannya secara menarik. Belajarlah dari situs berita online dalam menyajikan tulisan. Singkat, padat dan judulnya bikin penasaran. Tidak perlu panjang-panjang, tulisan pendek-pendek yang langsung pada intinya juga banyak peminatnya karena biasanya orang baca artikel di internet tidak ingin berlama-lama kayak baca buku. Anda tidak perlu memikirkan kosakata sesuai ejaan bahasa indonesia yang benar. Menurut saya yang penting bisa dipahami pembaca sudah cukup.

Jadikan situs anda referensi, jangan copas

Saya sangat anti dengan copas (copy-paste) tulisan orang lain. Hal ini akan menyebabkan google akan menurunkan pagerank situs kita. Situs yang isinya banyak copas biasanya tidak akan bertahan lama. Saran saya kalaupun anda ingin mengambil tulisan orang lain sebaiknya dibahasakan ulang dengan bahasa anda sendiri. Jangan langsung copas. Lebih baik anda punya 10 tulisan yang anda buat sendiri dari pada 100 tulisan copas dari situs lain. Semua tulisan di situs ini adalah saya tulis sendiri walaupun inspirasinya dari situs orang lain tapi sudah saya sesuaikan dengan keilmuan yang saya miliki.

Situs yang kontennya original akan dikenal oleh google sebagai situs referensi. Seperti situs berita online, situs instansi pemerintah biasanya menjadi situs referensi karena semua kontennya tidak ada yang copas. Itulah sebabnya mengapa situs pemerintah dan situs berita selalu mendapat pagerank tinggi.

Tukaran backlink

Banyak orang yang sadar dengan pentingnya backlink. Makanya populer istilah “tukaran backlink” antar situs. Anda bisa mencobanya kalau anda punya teman yang memiliki situs adan bisa saling memasang backlink dengan situs masing-masing. Tapi lihat dulu situs teman anda apakah memiliki pagerank atau tidak. Kalau situs dia tidak memiliki pagerank tidak akan berpengaruh. Carilah situs orang lain bisa membantu anda untuk menitipkan backlink untuk situs anda. Banklick tidak harus berada dihalam depan situs. Bisa saja backlink berada di sebuah tulisan yang dalam tulisan tersebut ada link ke situs kita.

Backlink yang efektif

Backlink yang efektif sedikit sudah saya singgung diatas bahwa salah satunya backlink dari situs yang juga memiliki pagerank. Contoh saya memasang backlink untuk semua situs yang pernah saya buat di sini http://waroengweb.co.id/portfolio dimana situs waroengweb.co.id memiliki pagerank 2 maka saya berharap semua situs juga akan mendapat pagerank tambahan dari backlink dari situs saya. Cara seperti ini cukup efektif namun ada yang lebih efektif lagi yaitu membuat tulisan yang membahas khusus tentang situs tersebut misalnya seprrti ini http://blog.waroengweb.co.id/tingkat-menengah/review-blog-lsm-organik-online.html.

Dofollow dan Nofollow

Sekarang kita bicara lebih jauh lagi, yaitu tentang Dofollow dan Nofollow. Dofollow adalah parameter link yang menginformasikan kepada mesin google bahwah link yang kita buat adalah link referensi/backlink yang boleh diikuti/difollow google. Hmm… agak susah menjelaskannya. Tapi ini penting, anda bisa cari referensi lain tentang ini di situs lain. Saya hanya menjelaskannya sedikit. Oke, jadi begini, biasanya penulisan sebuah link kode html nya seperti ini :

Link seperti ini belum terdefinisikan apakah dofollow atau nofollow. Tapi kalau ditambah seperti ini:

Maka sudah jelas link ini adalah sebuah backlink yang sah. Dan kalau seperti ini:

Maka ini bukan backlink namanya dan google tidak akan mengikuti link tersebut.

Mungkin anda punya pemikiran bagaimana kalau kita bikin komentar disitus orang lain lalu di komentar itu kita tuliskan link ke situs kita untuk mendapatkan backlink,,, saya sarankan tidak usah karena biasanya kolom komentar status linknya nofollow jadi percuma saja kita pasang banklink disana.

…. sebenarnya masih banyak lagi hal yang perlu diketahui tenang pagerank dan backlink. Tapi saya cukupkan saja tulisan ini sampai disini. Mudah-mudahan bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas kita sambung di kolom komentar dibawah ini. Silahkan bertanya jika ada yang kurang jelas (hihihi gayanya….:) )

(Visited 215 times, 1 visits today)