Berkat kemajuan internet, kini segalanya lebih mudah. Beragam aplikasi dikembangkan oleh pemerintah daerah untuk membuat pekerjaan mereka menjadi lebih efisien dan efektif. Pengembangan aplikasi tak hanya ditujukan untuk pemerintah kepada masyarakat saja, akan tetapi juga ditujuan untuk perangkat daerah sehingga memudahkan pekerjaan mereka.

maxresdefault

Salah satu aplikasi yang ditujukan bagi perangkat daerah adalah aplikasi SIGAP. Tujuan dibuatnya SIGAP agar para petugas kebersihan, Dishub maupun petugas lapangan lain yang sedang bertugas dapat dimonitoring kerjanya melalui aplikasi ini. Dengan aplikasi ini petugas lapangan dapat dilacak keberadaannya. Selain itu dengan aplikasi ini pula para petugas lapangan dapat melakukan absensi.

Aplikasi yang dikembangkan oleh pemerintah kota Tangerang ini awalnya hanya tersedia dalam bentuk web. Namun mengingat saat ini jumlah pengguna smartphone meningkat, pemerintah kota Tangerang membuatkan SIGAP versi aplikasi mobilenya.

Perlu ditekankan sekali lagi, aplikasi SIGAP ini bukan ditujukan untuk masyarakat namun untuk digunakan oleh perangkat daerah. Cara menggunakannya yaitu pertama perangkat desa yang sudah memilki akun login terlebih dahulu dengan memasukkan username serta password.

Kemudian selanjutnya petugas lapangan terkait dapat memilih menu Kirim Gambar untuk mengupload foto aktivitas atau kegiatan yang tengah mereka lakukan dengan menambahkan caption atau keterangan. Jika proses itu berhasil akan ada notifikasi. Namun ternyata menu aplikasi SIGAP versi mobile ini belumlah selengkap dengan versi webnya.

Pada web yang beralamat pada sigap.tangerangkota.go.id ini selain dapat digunakan untuk mengirim gambar, petugas pemerintahan juga dapat digunakan untuk mengecek posisi petugas lapangan yang lain. Menu yang terdapat pada SIGAP versi web antara lain adalah menu Petugas.

Pada menu petugas tersebut kita dapat melihat petugas yang aktif di lapangan lengkap dengan letak posisi mereka di map. Ketika kita memilih letak posisi perangkat daerah yang aktif di lapangan maka akan terlihat di jalan apa ia berada beserta dilengkapi dengan informasi lain seperti nomer handphone yang bisa dihubungi. Hal tersebut tentu saja mempermudah perangkat daerah menghubungi rekan kerjanya yang lain yang ada di lapangan.

Kemudian ada pilihan Fitur yang terdapat submenu foto, lalu lintas, CCTV dll. Ketika kita memberikan ceklis pada pilahan tersebut maka akan muncul foto, kondisi lalu lintas hingga cctv di seluruh kota tangerang. Kita tinggal memilih daerah mana yang ingin dilihat kondisi lalu lintas maupun CCTV nya. Sehingga dengan mudah ketika ada masalah dengan lalu lintas maupun terjadi kebakaran di suatu area petugas dengan cepat dapat datang ke lokasi tersebut.

Menu lain yang hadir sebagai penyempurna adalah menu Waze yang dapat digunakan untuk melihat laporan kemacetan pengguna waze di Kota Tangerang. Sedangkan untuk menu kecamatan digunakan untuk melihat batas wilayah kecamatan yang ada di wilayah Kota Tangerang.

Aplikasi SIGAP ini seharusnya membuat petugas lapangan lebih sigap dalam bekerja. Artinya ketika mereka menemukan masalah di masyarakat tentu mereka harus segera turun tangan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Yang menjadi kekurangan dari aplikasi ini adalah kurang lengkapnya fitur yang disediakan pada aplikasi SIGAP versi mobile. Padahal aplikasi ini ditujukan untuk petugas lapangan dimana mereka akan lebih mudah mengakses SIGAP melalui smartphone daripada lewat website.

(Visited 330 times, 1 visits today)