Beragam aplikasi dibuat pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada publik. Salah satunya adalah aplikasi yang dipersembangkan oleh Pemerintah Kota Semarang ini merupakan wadah bagi masyarakat untuk mengetahui beragam wisata yang ada di Kota Semarang, namanya Wis Semar (Wisata Semarang).

 

Wis Semar (Wisata Semarang) merupakan suatu aplikasi layanan publik dari Pemerintah Kota Semarang yang digunakan sebagai pemandu wisata Kota Semarang. Aplikasi ini memberikan konten terhadap layanan aplikasi mobile dengan teknologi Augmented Reality pada smartphone Android, sehingga pengguna dapat mengetahui lokasi secara realtime dari posisi Anda sekarang.

Aplikasi Wis Semar memiliki size yang sangat kecil yaitu hanya 6MB saja. Sehingga ringan digunakan untuk smartphone dengan RAM yang kecil. Meskipun memiliki size yang kecil fitur yang ditawarkan didalamnya cukup lengkap.

Dari segi grafis dan User Interface aplikasi ini cukup bagus dan mudah digunakan. Selain itu aplikasi ini juga memiliki logo yang ikonik sekali. Tampilan grafisnya yang rapi memudahkan pengguna untuk menemukan fitur yang mereka cari. Terdapat berbagai macam menu didalamnya yang memiliki fungi masing-masing.

Menu yang pertama adalah menu “Temukan Lokasi” dimana pada menu tersebut pengguna dapat menemukan pilihan lokasi terdekat yang dicari melalui maps. Pilihan lokasi yang dapat ditemukan antara lain yaitu lokasi wisata, hotel, SPBU, transport, tempat ibadah, mall hingga yang terbaru terdapat lokasi tambahan yaitu tempat bermain. Menu selanjutnya adalah menu “Lihat Daftar”.

Pada menu ini pengguna dapat menemukan sub menu wisata, transport, oleh-oleh, budaya, hotel, restoran dan SPBU. Pada setiap sub menu wisata terdapat deskripsi singkat tentang wisata yang ada di Semarang disertai dengan lokasinya pada peta. Tak hanya lokasi wisata yang terkenal saja, namun wisata yang jarang diketahui  orang juga terdapat daftar tersebut.

Sedangkan pada sub menu transport terdapat pilihan berbagai transportasi yang dapat digunakan untuk pergi ke Kota Semarang. Sedangkan sub menu lainnya seperti oleh-oleh, budaya, hotel, restoran, hingga SPBU hanya berisi nama-nama lokasi tersebut berikut dengan alamatnya. Menu lainnya yang ada dalam aplikasi ini adalah menu  “Nomor Penting Semarang”.

Terdapat daftar nomer penting instansi yang ada di Semarang. Mulai dari nomer Ambulans hingga nomer Polisi yang dapat dihubungi. Ketika kita memilih instansi mana yang akan dihubungi, Anda tinggal memencet saja pada menu maka akan langsung dihubungkan melalui telepon. Sedangkan fitur terakhir ada fitur “Tentang Wis Semar” yang berisi penjelasan singkat mengenai aplikasi ini dan pihak yang mengembangkannya.

Aplikasi ini memang menarik. Tak hanya sekedar menawarkan beragam wisata yang ada di Semarang namun juga dapat menyajikan wisata-wisata terdekat yang ada di sekitar kita. Namun sepertinya belum banyak masyarakat yang tahu akan adanya aplikasi ini.

Terbukti pada play store saja jumlah pengunduhnya baru mencapai 100 pengunduh. Seharusnya Pemerintah lebih gencar lagi mempromosikan aplikasi ini agar lebih banyak wisatawan yang datang ke Semarang. Namun sebelum mempromosikannya lebih luas lagi, Pemerintah Kota Semarang harus lebih serius membenahi beberapa fitur yang ada dalam aplikasi Wis Semar.

Karena sewaktu dicoba terdapat beberapa fitur yang bug sehingga tidak mampu memuat konten yang seharusnya ada. Selain itu tidak terdapat menu home yang memudahkan pengguna kembali ke menu utama, sehingga pengguna harus menekan tombol back ketika sudah masuk ke dalam sub menu yang lain. Selain itu penambahan daftar wisata juga perlu dilakukan. Mengingat daftar wisata yang terdapat pada menu juga masih sedikit.

(Visited 229 times, 1 visits today)