Ditanya berapa biaya pembuatan website pemerintah? saya bingung mau menjawabnya. Biaya pembuatan website sebenarnya relatif. Tergantung jenis websitenya seperti apa. Kalau saya memang sering membuat website untuk pemerintah dan biayanyapun beragam. Tidak bisa dipukul rata karena tiap pelanggan saya permintaannya berbeda-beda. Namun untuk memudahkan kita menghitung biaya yang cocok saya mencoba membuat rumusan yang lebih mudah dipahami konsumen agar kisaran biaya yang kita tawarkan tidak terkesan asalan.

Pertama saya akan tanya dulu website seperti apa yang dia minta? Saya suruh konsumen saya mencari situs pemerintah daerah lain atau situs kementerian pusat yang mungkin cocok sebagai referensi. Setelah ditentukan jenis website yang diinginkan lalu saya coba lihat-lihat situsnya. Informasi yang saya dapat adalah saya bisa tahu jenis website yang diinginkan konsumen saya tanpa dia menjelaskan panjang lebar begini-begitu.

Kedua saya akan tanya apakah dia menginginkan website yang sama (tidak sama persis) dengan website rujukan itu atau ada tambahan-tambahan lain? Maka dari jawabannya saya sudah dapat membayangkan pekerjaan yang akan saya lakukan jika konsumen saya ingin fitur-fitur khusus diluar contoh yang dikasih.

Ketiga saya akan merincikan biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan website tersebut. Rincian biayanya cukup mudah.
1. Biaya desain =
2. Biaya fitur tambahan =
a. Fitur 1 =
b. Fitur 2 =
3. Biaya lainnya (misal jasa upload content awal, modul panduan, training dll)

Nah dari sini saya bisa mendapatkan kisaran biaya yang pas untuk diberikan kepada konsumen. Kesepakatan awal harus jelas. Cakupan pekerjaan harus disepakati sejak awal sehingga jika ada penambahan diluar yang disepakati akan dikenakan biaya tambahan.

Misalnya untuk pembuatan webiste standar rincian biayanya adalah seperti berikut:
1. Biaya desain template = 1,5jt
2. Biaya fitur tambahan
a. Fitur slide show = 400rb
b. Visitor counter = 100rb
c. Flash news (running text) = 200rb
d. Custom menu = 300rb
3. Biaya lainnya
a. Modul = 250rb
b. Security plugin = 250rb
c. Domain = 100rb
d. Hosting = 400rb
Total = 3,5jt

Yah begitulah kira-kira dengan asumsi menggunakan CMS WordPress standar maka sebenarnya biaya pembuatan website tidak terlalu mahal. Tapi biaya ini sekali lagi tergantung jenis webistenya. Semakin bagus / banyak fitur maka semakin mahal biaya pembuatan website pemerintah dan juga berlaku untuk biaya pembuatan website jenis lainnya.

Tahapan pengerjaan proyek Pembuatan Website Pemerintah

  1. Pertama diperlukan contoh atau model website yang diinginkan. Biasanya kalau saya yang tangani proyek biasanya saya akan minta ke konsumen saya untuk menunjukkan contoh website pemda lain yang bagus sebagai rujukan. Lalu saya akan tanyakan web yang akan dibangun ini berapa persen kemiripannya dengan wesbiste percontohan, lalu di bagian mana saja yang berbeda dan apa saja penambahan fitur dan widgetnya.
  2. Saya akan minta data-data yang dibutuhkan seperti gambar-gambar, logo, kontak kantor, data pokok seperti profil, dan data lainnya yang rasanya dibutuhkan untuk pembuatan awal.
  3. Saya akan mulai merancang website sesuai dengan permintaan, sekitar paling lama 2 minggu biasanya saya sudah melaporkan hasilnya 80% sudah jadi tinggal dikoreksi oleh konsumen.
  4. Konsumen akan memberikan hasil koreksinya lalu saya akan memperbaiki dan menyempurnakan lagi websitenya.
  5. Selanjutnya saya akan siapkan modul panduan pengelolaan website. dibutuhkan waktu sampai 3 hari untuk menyiapkan modul. Jika dibutuhkan saya juga dapat mentraining langsung ke lokasi kantor jika memungkinkan untuk kesana.

Memilih penyedia/rekanan yang tepat untuk membuat website Pemda

  1. Pilihlah rekanan yang benar-benar profesional dan berpengalaman… (seperti saya hehe). Yang bertanggung jawab dan punya sistem kerja yang jelas. Yang terbuka dan tidak terkesan memanfaatkan ketidak tahuan konsumen.
  2. Jika anda memesan jasa hosting satu paket dengan rekanan tersebut jangan lupa minta password CPanel hostingnya.
  3. Carilah rekanan yang memiliki kemampuan pemograman website karena kedepannya website pemda tidak hanya untuk informasi saja tapi akan banyak pengembangan di bidang aplikasi online.
  4. Sedapat mungkin bertemu dengan rekanan sebelum deal.

Jasa Desain Ulang Website Dinas / Pemerintah

jasa-redesign-web

(Visited 4,404 times, 1 visits today)