Jika Anda sedang berselancar di internet, iseng-iseng bukalah halaman website resmi milik Indonesia yang beralamat di Indonesia.go.id. Sekilas desain website resmi milik Indonesia tersebut terkesan simpel namun terlalu biasa. Template web yang menggunakan model 3 kolom untuk halaman muka itu didominasi dengan background putih. Sedangkan banner atas terdapat gambar burung garuda.

69indonesia-go-id

Meskipun di desain seperti itu saya rasa desainnya belum mampu mencerminkan identitas Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang memiliki keanekaragaman. Ketika diakses melalui web via handphone, website tersebut tidak dapat tampil dalam versi mobile.

Hal itu membuat pengunjung yang membuka web Indonesia.go.id melalui handphone disuguhkan halaman web yang sama tampilanya dengan di PC. Akibatnya tulisan menjadi kecil-kecil jika memang tidak di zoom. Selain itu akses web melalui handphone juga lebih lambat dan ada beberapa plugin yang tidak kompatibel ketika diakses lewat handphone. Tata letak dan penempatan menu sudah cukup bagus. Tinggal menambahkan simbol-simbol agar lebih interaktif.

Informasi yang disampaikan dalam website tersebut menyangkut profil Bangsa Indonesia, profil presiden dan wakil presiden yang sedang memimpin, program kerja pemimpin, dan informasi publik lainnya. Nilai plus dari website ini adalah semua informasi terindeks dengan baik sehingga memudahkan orang yang mencarinya.

Website yang diurus oleh kementerian sekretariat negara ini juga menyajikan naskah pidato presiden dan wakil presiden. Sayangnya naskah tersebut tidak diperebaharui. Dari web terlihat naskah presiden yang terakhir kali diunggah adalah naskah pidato presiden pada tahun 2012, sedangkan naskah pidato milik wakil presiden pun hanya tersedia satu buah yang disampaikan pada tahun 2005.

Entah mengapa pihak kementerian sekretariat negara tidak mengunggah naskah pidato presiden dan wakil presiden secara berkala. Sangat disayangkan sekali arsip seperti itu yang dibutuhkan oleh orang-orang malah tidak diperbaharui.

Berita-berita yang ditampilkan dalam website pun jarang diupdate. Padahal jika kita melihat berita di televisi dan koran setiap hari, negeri ini tidak pernah sepi dengan berita-berita baru. Selain itu tampilan menu-menu yang ada di website kurang informatif. Gambar-gambar yang disisipkan pada konten yang dibuat pun tidak menarik.

Harusnya kementerian sekretariat negara memperbaiki website resmi milik RI ini. Namun sepertinya saat ini semakin tidak terurus. Bahkan website milik pemprov DKI dapat dikatakan jauh lebih baik daripada website resmi milik RI ini. Padahal akan banyak orang selain masyarakat Indonesia sendiri yang akan mengakses informasi ke website resmi RI.

Jika bisa kedepannya website tersebut diubah tampilannya menjadi lebih informatif dan mengikuti gaya template desain web yang sedang update saat ini. yang paling penting desainnya harus mencerminkan bangsa Indonesia. Kemudian karena website ini merupakan halaman resmi pemerintah RI, didalamnya seharusnya terdapat tautan dari semua website yang dimiliki oleh pemerintah daerah.

Itu akan memudahkan pengunjung yang datang ke Indonesia.go.id untuk mendapatkan informasi terkait wilayah lain. Selain itu penambahan galeri yang menampilkan agenda-agenda besar saya rasa dapat menjadi hal yang menarik. Jangan lupa untuk menambah fitur alih bahasa, sehingga seluruh orang dari mancanegara mampu memahami informasi yang disajikan.

Baca juga: Jasa Desain Ulang Website Pemerintah 

(Visited 119 times, 1 visits today)