PENGANTAR

Desa atau kelurahan merupakan komponen terpenting dari sistem pemerintahan yang dapat menunjang tersedianya kelengkapan, akurasi dan semua hal yang berhubungan dengan seluruh sistem fundamental data kependudukan. Sistem Informasi Managemen Kelurahan/Desa (SiMKel) adalah sistem database kependudukan yang dirancang dengan sistem pelayanan satu pintu (one stop service) sehingga memudahkan sistem pelayanan di desa/ kelurahan secara cepat dan akurat. Sistem Informasi Manajamen Kelurahan/Desa (SiMKel) berisi sekumpulan subsistem yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan saling berinteraksi dan bekerjasama antar bagian satu dengan yang lainnya untuk melakukan fungsi pengolahan data, menerima masukan (input) berupa data, kemudian mengolahnya (Processing) dan mengeluarkan keluaran (output) berupa informasi untuk mendukung kegiatan operasional dan managerial dalam sistem data di desa/ kelurahan.

 

KEUNGGULAN APLIKASI SIMKEL

  1. Sederhana

SiMKel didesain dengan sederhana dan tampilan menarik (feature) jadi memudahkan meskipun didalamnya berisi data-data yang sangat kompleks di kantor desa/kelurahan. Penghubung / antar muka (interface) komponen SiMKel bertugas untuk menjembatani hubungan antar komponen dalam sistem penghubung/ antar muka (interface) yang memungkinkan setiap komponen berinteraksi dan berkomunikasi dalam rangka menjalankan fungsi masing-masing komponen.

  1. Lengkap dan Memenuhi Kebutuhan

SiMKel bekerja dengan cara mengolah database kependudukan berbagai kebutuhan administrasi desa/kelurahan karena dilengkapi oleh basis data dan bagian pengolah yang mampu mengolah data dengan baik untuk memenuhi segala kebutuhan informasi secara mudah sehingga memudahkan monitoring terhadap jalannya pemerintahan desa/kelurahan.

  1. Cepat, Teliti dan Mengurangi Ketidakpastian (accuracy)

Input Data yang valid akan menghasilkan output data sesuai yang diharapkan, SiMKel dilengkapi dengan fitur-fitur yang memungkinkan penyajian informasi profil desa dengan sangat cepat dan akurat. Untuk mendapatkan satu data waktu proses sampai dengan penyelesaian informasi yang didapatkan sangat cepat.

  1. Menuju Desa Berbasis Teknologi Informasi

Era teknologi informasi memungkinkan pelayanan one stop service (layanan satu pintu) sehingga memudahkan, menyederhanakan dan waktu yang relative yang sangat cepat. Dokumentasi dan pengarsipan seluruh database yang biasanya lebih dari satu lemari sekarang dimungkinkan hanya disimpan dari satu flashdisk atau CD sehingga tidak memerlukan tempat yang terlalu luas dan memudahkan pendokumentasian dan pencarian data untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Sebuah sistem pelayanan publik yang dicita-citakan bersama secara transparan, akurat, lengkap, terukur dan dapat dipertanggungjawabkan.

  1. Saatnya SiMKel Membantu

SiMKel dirancang untuk membantu sistem pelayanan kependudukan dan database bagi desa/ kelurahan sehingga program ini sudah saatnya mulai teraplikasi secara luas untuk menunjang kinerja sistem pemerintahan desa/kelurahan, karena didukung oleh pemprogram (programmer) SiMKel yang berkualitas.

SPESIFIKASI PROGRAM

  1. Programming Tools :
  2. Database : My SQL
  3. Operating System : LINUX SERVER
  4. Maintenance : Dilakukan komunikasi secara online dan tidak menambah features pelayanan.

 

PELAYANAN DAN FASILITAS APLIKASI SIMKEL

  1. Akurasi Data Penduduk

Program untuk melakukan update data penduduk sehingga mendapatkan data penduduk secara akurat.

  1. Akurasi Data Pemilih Sementara dan Data Pemilih Tetap

Untuk mendapatkan data pemilih sementara (DPS) dan data pemilih tetap (DPT) yang dirancang untuk berbagai macam kebutuhan baik pemilu, pemilihan kepala desa atau berbagai macam pemilihan lainnya. Program ini akan langsung mengupdate penduduk yang berusia 17 tahun atau sudah menikah pada saat dilaksanakan pemilihan umum.

  1. Kemudahan Pencarian Data Penduduk

Fasilitas untuk memudahkan pencarian data penduduk.

  1. Daftar Keluarga Miskin

Digunakan untuk memudahkan pencarian data keluarga miskin.

  1. Pelayanan Surat Menyurat

Bisa dilakukan pembuatan jenis layanan surat menyurat, seperti :

  1. Surat Keterangan Lahir
  2. Surat Keterangan Untuk Menikah (N1-N7)
  3. Surat Keterangan Kematian
  4. Surat Pengantar Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  5. Surat Keterangan/Pengantar
  6. Surat Keterangan Wali
  7. Surat Keterangan Belum Pernah Menikah.
  8. Surat Keterangan Janda/Duda
  9. Surat Keterangan Keluarga Miskin
  10. Surat Ijin Bepergian

 

 

  1. Agenda Surat

Selesai mencetak surat secara otomatis akan tersimpan dalam agenda surat dan dilengkapi dengan jumlah surat masuk.

  1. Laporan Mutasi

Informasi tentang mutasi penduduk, baik yang datang, pergi, meninggal dan lahir secara berkala.

  1. Laporan Bulan

Informasi tentang mutasi penduduk per bulan.

  1. Rekap Jumlah Penduduk

Informasi rekapitulasi data penduduk yang berisi:

  1. Informasi jumlah penduduk per tanggal
  2. Jenis kelamin
  3. Pendidikan
  4. Agama
  5. Pekerjaan
  6. Kewarganegaraan
  7. Golongan Darah
  8. Status Perkawinan
  9. Jumlah Kepala Keluarga, dsb
  10. Agenda Surat Keluar

Informasi yang berisi laporan agenda surat keluar yang tersusun berurutan secara otomatis.

  1. Cetak Data Kependudukan

Berisi tentang data penduduk secara keseluruhan

  1. Informasi Kartu Keluarga

Berisi tentang Kutipan Kartu Keluarga.

sim desa kelurahan sim-desa-kelurahan

(Visited 149 times, 1 visits today)