Papua yang berada di wilayah timur Indonesia yang pembangunan daerahnya kurang diperhatikan oleh pemerintah ternyata memiliki pusat informasi online yang cukup bagus. Website resminya yang beralamat di papua.go.id menyajikan sejumlah informasi yang cukup lengkap mulai dari profil daerah, profil pemimpin yang menjabat, visi dan misi pemimtin, potensi daerah yang dimiliki, hingga galeri foto.

papua

Selain itu didalam website tersebut juga secara teratur diberitakan agenda-agenda pemerintah serta berita terkait wilayah papua. Namun, agenda kegiatan yang terdapat pada website tersebut jarang di update. Selain itu galeri foto yang ada di website juga kurang kaya sehingga kurang mampu menggambarkan budaya dan daerah papua kepada masyarakat luar papua. Hanya beberapa foto yang ditampilkan dan sepertinya itu hanya sebagai bentuk pelengkap saja.

Dari sisi desain tampilan website resmi papua.go.id sudah terbilang lumayan, tinggal kontennya diperkaya. Website yang didesain simpel tersebut juga ringan ketika dibuka diakses melalui PC. Website tersebut juga dapat diakses melalui smartphone. Tampilan ketika membuka website di PC dengan di handphone tidak jauh berbeda. Akan tetapi terasa lebih lambat ketika diakses melalui handphone. Harusnya dibuatkan versi mobilenya sehingga akses web melalui handphone  lebih mudah. Kebanyakan website resmi pemerintahan memang tiak memiliki web versi online.

Padahal ketika tersedia web versi online masyarakat akan semakin mudah mengaksesnya karena saat ini kebanyakan pengguna internet lebih suka mengakses web dari genggaman tangan mereka. Untuk lebih menunjukkan identitas daerah papua yang memiliki budaya yang khas, pemerintah papua bisa menambahkan foto-foto bentang alam dan budaya papua yang kemudian diletakkan pada menu utama.

Website resmi pemerintah papua ini ternyata juga memiliki mode dua bahasa, yaitu Indonesia dan Ingrgris. Mode tersebut ditunjukkan dengan tombol alih bahasa di pojok kanan atas web tersebut. Akan tetapi ketika dirubah mode bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, hanya menu pada banner yang berubah menjadi bahasa Inggris. Selebihnya informasi yang ada di website tersebut tidak dapat dialih bahasakan secara sempurna.

Hal tersebut memang sudah menjadi masalah klasik bagi kebanyakan website pemerintah daerah. Jika memang belum siap menyediakan informasi dalam dua bahasa sebaiknya menu tersebut dapat dihilangkan terlebih dahulu hingga informasi bilingual atau Indonesia-Inggris dapat tersedia sepenuhnya.

Yang menjadi nilai plus dari website ini adalah terdapat menu khusus yang didalamnya sudah terindeks sejumlah website resmi milih seluruh kabupaten yang ada di Papua. Menu tersebut memberikan kemudahan bagi para pencari informasi. Selanjutnya pemerintah wilayah Papua bisa menjadikan website sebagai pintu gerbang masuknya wisatawan dan investor. Mereka bisa menonjolkan potensi daerah yang dimiliki secara detail sehingga menarik para wisatawan untuk datang kesana. Tak hanya Raja Ampat saja yang dimiliki oleh papua, namun masih banyak keindahan lainnya yang dimiliki oleh bumi papua. Melalui website resmi papua.go.id, pemerintah bisa memulai mempromosikannya dari sana.

Baca juga: Jasa Desain Ulang Website Pemerintah 

(Visited 112 times, 1 visits today)