Bagi Anda yang sering berbelanja di pasar tentu seringkali merasa pusing dengan harga pangan yang berubah-ubah setiap harinya. Berbagai faktor mengakibatkan harga pangan memiliki harga yang tidak stabil. Namun untuk Anda yang ada di Jakarta tak usah dipusingkan lagi dengan harga pangan yang berubah-ubah, sekarang Anda dapat mengecek harga bahan pangan di 44 pasar tradisional di DKI Jakarta tanpa harus mengelilingi pasar satu persatu.

us-ipad-2-info-pangan-jakarta-mobile

Kini dengan aplikasi mobile Info Pangan Jakarta (IPJ) yang dikembangkan oleh pemprov DKI Jakarta Anda dapat melihat perubahan harga bangan pangan setiap harinya di pasar-pasar tradisional. Aplikasi IPJ dibuat atas kerjasama Pemprov DKI Jakarta dengan PD Pasar Jaya dan Bank Indonesia.

Aplikasi ini bisa digunakan pada smartphone dan bisa diakses lewat web. Aplikasi ini sangat membantu masyarakat untuk memantau kebutuhan pokok di pasar induk maupun pasar tradisional. Setiap hari akan ada pembaruan info harga pokok dan akan ada tanda apakah bahan pokok tersebut harganya turun atau naik dibanding harga pada hari sebelumnya.

Selain itu aplikasi ini juga berguna untuk menekan inflasi karena adanya informasi harga yang transparan. Informasi harga pangan yang diperoleh dari aplikasi tersebut adalah data yang dikumpulkan oleh PD Pasar Jaya.

Tampilan awal aplikasi ini sangat ringkas dan rapi yang menampilkan menu-menu pilihan dilengkapi dengan ikon gambar. User yang ingin mencari informasi harga pangan tak perlu login terlebih dahulu untuk bisa mengaksesnya. Terdapat enam menu yang tersedia pada aplikasi Informasi Pangan Jakarta (IPJ). Menu pertama yaitu menu Info Harga.

Pada menu tersebut Anda bisa melihat harga rata-rata bahan pokok  dan komoditas bahan pangan lainnya di Jakarta. Ketika kita memilih salah satu bahan pangan yang ingin kita tahu harganya maka akan muncul perbandingan harga bahan pangan yang kita pilih tadi pada semua pasar tradisional yang ada di Jakarta. Bahkan juga dicantumkan harga tertinggi dan terendah bahan pangan yang ingin dibeli lengkap dengan lokasi pasar yang menjualnya.

Tentu saja itu sangat membantu ketika kita mencari bahan pangan murah untuk keperluan acara besar. Menu selanjutnya yaitu menu Pasar, terdapat  44 pasar tradisional yang terdata pada aplikasi tersebut. Ketika kita memilih salah satu pasar tradisional maka akan muncul daftar harga bahan pangan yang dijual disana. Kemudian ada menu IHK dan Inflasi, mungkin orang awam akan jarang membuka menu ini karena berisi data statistik mengenai kenaikan harga.

Kemudian pada menu Berita masyarakat bisa mendapatkan informasi mengenai pasar, kebijakan pemerintah, hingga informasi inflasi. Namun berita yang ada di aplikasi tersebut kurang diupdate. Yang terakhir adalah menu Tentang IPJ dimana terdapat informasi seputar pengembang aplikasi tersebut beserta kontak dan alamat.

Selain itu terdapat kolom komentar dimana dapat digunakan bagi warga untuk memberikan komentar terkait aplikasi tersebut maupun dapat digunakan untuk menambahkan informasi harga pangan. Kolom komentar juga memudahkan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan evaluasi.

Sejauh ini masyarakat memberikan komentar positif terhadap adanya aplikasi ini. Mereka sangat terbantu ketika akan membandingkan harga komoditas pangan di berbagai pasar. Tak heran jika aplikasi ini memperoleh bintang 4 pada googl play. Namun masih perlu ditingkatkan fitur-fitur didalamnya sehingga informasi yang bisa didapatkan masyarakat dari aplikasi tersebut lebih beragam.

(Visited 156 times, 1 visits today)