Kota Jogja sebagai daerah istimewa di Indonesia ini memang terkenal akan wisata dan budayanya. Kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri menjadi penyumbang APBD bagi daerah yang memiliki beragam destinasi wisata ini.

logo_aplikasi_0205

Untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Kota Jogja, Pemerintah DIY melakukan sejumlah cara. Mulai dari memperbaiki fasilitas umum, membuka beragam destinasi wisata baru, hingga membuat logo serta tagline khusus kota Jogja agar lebih dikenal masyarakat. Kini logo kota Jogja yang baru hadir lebih segar dengan taglinenya Jogja Istimewa.

Untuk memudahkan para wisatawan yang datang ke Jogja, Pemerintah DIY mengembangkan aplikasi bernama Jogja Istimewa, sesuai dengan tagline Kota Jogja. Aplikasi tersebut membantu wisatawan yang buta akan kota Jogja sehingga lebih mudah mencari destinasi wisata tujuan.

Aplikasi ini dapat diunduh pada play store dengan size lebih dari 20MB. Saat pertama kali dijalankan Anda akan diminta untuk memilih bahasa yang digunakan. Ada dua pilihan bahasa yaitu bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Setelah itu jika smartphone Anda belum terkoneksi dengan GPS maka akan ada notifikasi untuk menghidupkan GPS.

Ternyata setelah kita menghidupkan GPS kita akan diberikan informasi tentang tempat-tempat yang ada di dekat kita. Ini sangat membantu sekali tentunya ketika kita ingin mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada didekat kita. Setelah itu ketika masuk ke menu kita akan disuguhi beragam menu-menu dengan ikon yang khas Jogja.

Menu-menu yang ditawarkan antara lain adalah Jogja Budaya, Jogja Wisata, Jogja Layanan Publik, Jogja Belajar, Jogja Bisnis, Jogja Transportasi, Jogja Event, Jogja Galeri, Jogja 360, Jogja Augmented Reality, dan Jogja Streaming. Pada menu Jogja Budaya menyajikan lokasi wisata budaya yang ada di Yogyakarta.

Terdapat berbagai macam kategori wisata budaya yang dapat dipilih, seperti kategori wisata tempat sejarah, wisata geoheritage, hingga wisata masa kini. Menu Jogja Wisata menyajikan daftar wisata yang ada di Jogja, mulai wisata Candi hingga wisata alam semuanya lengkap dalam kategori masing-masing yang memudahkan wisatawan menemukan jenis destinasi wisata yang merekka inginkan. Tak hanya itu pada menu ini juga terdapat daftar hotel yang dapat menjadi referensi untuk menginap.

Anda tinggal memilih hotel bintang berapa yang ingin Anda gunakan untuk menginap. Atau bahkan Anda ingin bermalam di guesthouse pun aplikasi ini memberikan informasi tentang daftar guest house yang reccomended. Jalan-jalan tentu kurang lengkap tanpa menyicipi makanan khas daerah setempat. Sub menu kuliner dapat menjadi referensi tempat makan untuk Anda.

Tak hanya kuliner, informasi tentang kerajinan khas Jogja pun juga tersedia. Dari sub menu kerajinan Anda dapat menentukan kerajinan apa yang cocok untuk Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Menu lain adalah menu layanan publik yang didalamnya berisi lokasi instansi penting seperti Kantor Polisi hingga kantor pemerintah. Sedangkan pada menu belajar Anda dapat menemukan lokasi dan deskripsi institusi pendidikan yang ada di Yogyakarta, mulai dari SD hingga Perguruan Tinggi.

Kemudian menu Jogja Bisnis memberikan informasi tentang UKM yang ada di Yogyakarta. Pada menu sehat Anda dapat menemukan alamat dan lokasi terdekat fasilitas kesehatan mulai dari klinik, puskesmas, rumah sakit, hingga apotek. Untuk menu Jogja Transportasi terdapat informasi mengenai transportasi publik mulai dari jadwal pesawat terbang, hingga rute bus trans Jogja. Informasi ini akan sangat berguna bagi Anda yang akan berwisata di Jogja menggunakan transportasi publik.

Kemudian menu Jogja Event menyediakan informasi acara-acara yang diselenggarakan di Jogja. Jika Anda ingin melihat acara tertentu di Jogja pastikan untuk mencatat tanggalnya. Menu selanjutnya ada Jogja Galeri dimana berisi foto-foto yang diunggah user kedalam aplikasi ini. Menu yang satu ini jarang ditemui pada aplikasi lainnya yaitu Jogja 360.

Pada menu ini Anda dapat melihat berbagai macam tempat yang ada di Jogja dengan tampilan 360 derajat. Selanjutnya terdapat menu Jogja AR (Augmented Reality). Dan yang terkhir terdapat menu Jogja streaming yang dapat Anda gunakan untuk streaming TV maupun melihat CCTV di berbagai sudut kota Jogja lewat smartphone Anda.

Secara keseluruhan konten yang terdapat dalam aplikasi sangat lengkap dan beragam. Wisatawan yang menggunakan aplikasi ini pun akan dimudahkan karena didalam aplikasi terdapat konten tentang destinasi wisata yang lengkap.

Akan tetapi sayangnya fitur Bahasa Inggris dalam aplikasi ini belum berjalan secara optimal. Masih terdapat konten-konten yang isinya Bahasa Indonesia meskipun fitur Bahasa Inggris diaktifkan. Padahal wisatawan mancanegara yang datang ke Jogja cukup banyak. Tentu mereka akan merasa terbantu dengan adanya fitur tersebut ketika akan memakai aplikasi ini.

 

(Visited 328 times, 2 visits today)