Tampilan website DKI Jakarta yang beralamat di jakarta.go.id ternyata lebih rapi dibandingkan dengan website resmi milik pemerintah daerah lainnya. Desain yang digunakan pada website DkI Jakarta sangat simpel dan mudah diakses ketika menggunakan PC. Website tersebut juga dapat diakses menggunakan handphone, namun terasa kurang nyaman.

dki

Halaman utama dari website pemprov DKI yang background-nya berwarna putih berisi menu-menu terkait pelayanan publik yang ingin kita ketahui. Menu yang disediakan mulai dari pengaduan masyarakat, layanan perizinan, informasi keuangan, aplikasi informasi publik, dan lainnya.

Menu-menu yang disajikan di halaman utama dilengkapi dengan simbol-simbol sehingga sangat eye cathcing. Di dalam menu-menu tersebut juga terdapat sub menu yang jika di klik akan membawa pengunjung menuju informasi yang ingin diketahui.

Pada bagian bawah website Jakarta.go.id terdapat menu yang bertuliskan “Tampilan Penuh”. Ternyata menu tersebut mengarahkan kita ke tampilan penuh website Jakarta.go.id. Pada website tampilan penuh tersebut pengunjung dapat menemukan lebih banyak informasi daripada yang dapat disajikan pada halaman utama.

Informasi dan berita yang terdapat di website jakarta.go.id versi tampilan penuh pun selalu rajin di update. Bahkan dapat dikatakan informasi yang disajikan sangat lengkap. Informasi yang disajikan mulai dari profil Jakarta, profil pemimpin daerah, informasi keuangan, informasi wisata, tata cara perizinan, hingga informasi umum untuk masyarakat yang berkaitan dengan rute bus, nomer penting, hingga informasi lainnya.

Beragam informasi umum tentang tata cara pembuatan KTP, KK, dan Akta kelahiran pun dapat diakses dalam web tersebut. Yang lebih menarik lagi, kalender kegiatan yang terdapat di website ternyata selalu diperbaharui. Itu membuktikan bahwa pemerintah provinsi DKI Jakarta benar-benar mengurus sistem informasi daerahnya dengan baik.

Apalagi Jakarta sebagai ibukota memang sudah seharusnya menyajikan informasi yang lengkap, informatif dan transparan. Hal itu telah mereka tunjukkan dalam sebuah website yang tampilannya menarik dan kontennya informatif.

Tampilan menarik dan informasi lengkap yang disajikan dalam website Jakarta.go.id selain dapat menarik orang-orang berwisata di Jakarta juga mampu mendatangkan investor asing maupun lokal untuk berbisnis disana. Selain itu nuansa Jakarta sangat terasa ketika pada banner website resmi DKI Jakarta diisi oleh gambar pemandangan gedung pencakar langit dan jalanan khas kota Jakarta, gambaran tersebut seolah menguatkan identitas Jakarta pada website tersebut.

Saking lengkapnya informasi yang disajikan pada laman website Jakarta.go.id, pengunjung bisa melihat program kerja pemimpin yang sedang menjabat. Jadi bisa dilihat kan mana program yang sudah direalisasikan dan mana program yang hanya sekedar program namun tanpa kerja nyata.

Yang membuat website ini berbeda dari website pemerintah daerah lain adalah didalam website tersebut ada e-magazine atau majalah resmi berbentuk digital yang diterbitkan  oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta. Pengunjung dapat membacanya langsung melalui web. Majalah elesktroniknya pun tidak dibuat sembarangan. Sepertinya pemprov DKI memiliki tim khusus yang memang berkompeten karena majalah yang dibuat sangat informatif, up to date dan tata letaknya juga menarik.

Selain tersedia dalam bahasa Indonesia, website ini juga tersedia dalam bahasa Inggris. Akan tetapi ternyata sayang ketika pilihan bahasa pada website tersebut diganti menjadi bahasa Inggris,  tampilan web tidak maksimal. Informasi dalam bahasa Inggris pun tidak di update bahkan banyak menu yang ditautkan pada link lain ternyata hanya berisi halaman kosong.

Hal tersebut sangat disayangkan karena sebagai ibukota RI website tersebut akan banyak diakses oleh orang-orang yang ada di seluruh penjuru dunia. Sepertinya kerja pemerintah provinsi dalam membangun website resmi mereka tidak bisa berhenti sampai disini, mereka harus membenahi masalah-masalah seperti ini agar semua orang diluar masyarakat Indonesia juga dapat mengerti ketika mengakses informasi dari laman website pemprov DKI.

Baca juga: Jasa Desain Ulang Website Pemerintah 

(Visited 112 times, 1 visits today)