Kali Ini saya akan mengulas beberapa website resmi yang dimiliki oleh pemerintah provinsi yang ada di pulau Jawa. Berikut ulasannya :

1. BANTEN

banten1

Banten menjadi provinsi paling Barat di pulau Jawa. Provinsi yang dipimpin oleh Rano Karni ini memiliki website yang  bagus. Di halaman muka website terpampang gambar gubernur rakyat Banten dengan ukuran yang cukup besar. Selain itu pada banner halaman utama ditampilkan prestasi yang berhasil diperoleh. Selain itu pada menu juga terdapat profil pemimpin lengkap dengan tupoksi setiap perangkat daerah.

Anggaran daerah yang digunakan secara transparan dilaporkan ke dalam website sehingga masyarakat dapat melihatnya. Yang menarik ketika kita sedang menunggu website ini loading akan muncul tulisan “BANTEN” berwarna merah dengan transisi melayang-layang.

Ini menjadi pembeda diantara website pemprov lainnya. Sayangnya berita-berita yang diposting di website ini kurang lengkap. Sehingga kedepannya provinsi yang memiliki tagline “membangun Banten sejahtera berlandaskan IMTAQ” ini seharusnya bisa membangun website resminya lebih baik lagi.

 

2. JAKARTA

dki

Untuk website milik pemprov DKI yang beralamat di jakarta.go.id ini tak usah diragukan lagi tampilannya. Halaman muka yang simpel dengan beragam logo grafis yang menarik membuat pengunjung mudah menemukan informasi yang mereka cari.

Tak hanya tampilan utama yang menarik, website pemprov DKI dalam versi tampilan penuh juga memiliki desain yang mengagumkan. Gambar pemandangan kota Jakarta dengan gedung tingginya dan jalan raya menjadi banner besar yang bisa mewakili identitas Jakarta sebagai ibukota.

Tak hanya tampilan yang menarik. informasi yang disediakan tak usah diragukan lagi kelengkapannya. Aplikasi-aplikasi mobile yang dibuat dipromosikan melalui website ini juga. Tak ketinggalan ada informasi mengenai wisata, transportasi, hotel hingga tempat hiburan lain yang ada di Jakarta.

Menyenangkan sekali berselancar di website pemprov DKI ini karena tata letak konten yang mereka buat sangat rapi. Namun sayangnya website ini belum sempurna jika dialih bahasakan dalam Bahasa Inggris. Ini menjadi PR bagi dinas kominfo DKI Jakarta agar website ini bisa optimal dan informasi yang disediakan dapat dipahami seluruh orang dipenjuru dunia.
4. JAWA BARAT

JawaBarat1

Ketika membuka halaman website milik pemprov Jawa Barat ini Anda akan disambut dengan banner yang memenuhi seluruh halaman dan disamping kiri terdapat foto serta profil pemimpin provinsi Jawa Barat. Website dengan template warna hijau ini memiliki menu berbentuk list di samping kanan.

Mengenai informasi yang disediakan sangat lengkap. Berita yang diposting pun selalu diperbarui. Bahkan saat kita membaca berita yang diposting di halaman website ini terdapat kolom berita terbaru, terpopuler, dan acak. Berita  yang terdapat di website pun terarsip dengan baik.

Untuk memudahkan pencarian berita, terdapat kolom pencarian berita berdasarkan timeline. Tak hanya berita yang rajin diupdate setiap hari, di bawah website ini terdapat menu-menu baypass yang menghubungkan pada informasi yang sering diakses seperti agenda gubernur, infografis, tata cara permohonan informasi, e-samsat, info harga pangan, dan lainnya. Tak hanya itu, ternyata mereka juga menyediakan polling di bawah kanan website ini. Wah lengkap sekali ya.
4. JAWA TENGAH

jateng1

Website berwarna merah putih ini memang menunjukkan semangat ke Indonesiaan. Tampilan awal dengan banner bergambar bendera merah putih yang selalu bertransisi dengan tulisan Jateng Gayeng ini menjadi daya tarik pertama saat membukanya. Di website ini informasinya pun lengkap.

Terdapat rencana pembangunan pemerintahan yang sedang berlangsung. Jadi masyarakat dapat mengingatkan pemimpinnya jika rencana tersebut belum direalisasikan. Selain itu di halaman web pemprov Jateng ini terdapat sejarah wilayah Jawa Tengah. Disini Anda juga dapat menemukan menu wisata yang selalu diperbarui. Bahkan artikel-artikel yang dibuat dilengkapi dengan gambar sehingga menjadi lebih menarik. Tak hanya itu, di website ini juga disediakan polling.

Agenda-agenda yang dilaksanakan oleh pemprov Jateng pun selalu diupdate. Beirta-berita yang dirilis tak hanya dalam bentuk artikel maupun foto. Namun juga terdapat video dokumentasi terkait agenda yang telah dilaksanakan. Jika masyarakat mempunyai masalah, masyarakat bisa melaporkannya kepada pemprov Jateng melalui web ini pada menu “Lapor Gub”. Tenang saja, pemprov akan menjawab permasalahan yang ditanyakan tersebut.
5. DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

jogja

Yogyakarta satu-satunya kota yang menyandang kata Istimewa. Kota Jogja sendiri memang benar-benar istimewa selain karena dulu pernah menjadi ibukota Indonesia juga disini surga bagi wisatawan. Akan tetapi jika provinsi Jogja dilihat dari website resminya yang beralamat di jogjaprov.go.id maka akan nampak biasa saja. Template dengan desain yang biasa saja membuat website ini tidak nampak istimewa.

Seharusnya karena Jogja ini menyanding nama istimewa dengan berbagai macam kelebihannya dapat ditunjukkan atau ditonjolkan dalam web ini. kemudian beritanya juga jarang diupdate. Kalender kegiatan nampak tak pernah diperbarui padahal Jogja sering  mengadakan event yang melibatkan masyarakat.

Untuk informasi publik tentang cara-cara pembuatan berkas-berkas maupun cara perizinan berbagai hal di jelaskan secara lengkap disini. Sayang sekali di website ini tak tersedia menu wisata yang ada di Jogja. Padahal Jogja dikenal dengan ragam tempat wisatanya.

6. JAWA TIMUR

Logo Provinsi Jawa Timur

Halaman utama website milik pemprove ini sangat simpel. Dengan latar putih di halaman muka terdapat serangkaian menu berbentuk grafis yang eye catching. Berita-berita selalu diupload secara rutin. Belum lagi menu-menu seperti harga sembako dapat dilihat di halaman utama dan update setiap hari.

Profil provinsi Jawa Timur juga lengkap mulai dari profil pejabat, visi misi, struktur organisasi, hingga sejarah Jawa Timur. Laporan pengelolaan anggaran pun dibuat secara transparan dan di publish di halaman resmi pemprove Jatim. Selain itu ada menu suara pembaca. Disana masyarakat dapat melaporkan permasalahannya dan dijawab langsung oleh pihak pemprov Jatim.

Jawaban dari permasalahan maupun pertanyaan pembaca juga di publish dalam website. Secara umum informasi yang ada dalam website sudah lengkap, tinggal pemprov Jatim memasukkan konten ragam wisata yang ada di Jatim agar pariwisata disana dapat terangkat.

Itulah beberapa website resmi enak pemprov yang ada di pulau Jawa. Sebagian besar sudah maksimal dalam mengurus website yang menjadi cermin dari provinsi tersebut. Namun masih ada yang kurang menarik dengan konten yang jarang diperbarui.

(Visited 139 times, 1 visits today)