TRAFI

Pernah merasa malas naik angkutan umum saat akan bepergian karena jadwal kedatangannya yang tidak pasti?  Kini hadir aplikasi yang dapat mengatasi masalah tersebut  yang bernama Trafi. Trafi adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk memantau keberadaan angkutan publik secara akurat.

en-kullanisli-mobil-uygulamalar-bilmiyorsan-7

Sebagai ibukota tentu saja mobilitas masyarakat disana sangat tinggi. Namun kemacetan dan ketidakpastian jadwal transportasi umum membuat masyarakat enggan memakai angkutan publik. Trafi hadir sebagai solusi bagi masyarakat agar mereka bisa memantau keberadaan transportasi umum di sekitar mereka.

Trafi bisa diunduh secara gratis melalui Google Play dan App Store. Pada awalnya aplikasi ini bekerjasama dengan TransJakarta dengan menyediakan data serta informasi secara real time keberadaan armada TransJakarta yang sedang beroperasi.

Namun kemudian Trafi melebarkan fungsinya sehingga pengguna tak hanya bisa melacak keberadaan TransJakarta saja, tapi juga mencakup Commuterline. Selanjutnya Trafi ingin memperluas fasilitas yang mereka tawarkan sehingga masyarakat bisa melacak keberadaan angkutan umum lain seperti metro mini, angkot, mikrolet dan jalur bis lainnya.

Karena aplikasi ini memiliki fungsi untuk melacak transportasi umum, jadi dalam penggunaannya user harus mengatur lokasi dimana dia berada. Terdapat lima menu dalam aplikasi yang menjalin kerjasama dengan pemprov DKI untuk mewujudkan smartcity ini. menu-menunya anatara lain, route search, timetables, news and report, favorites dan setting.

Menu route search dapat digunakan ketika Anda menggunakan transportasi umum dan ingin mencari rute transportasi umum ke tempat yang ingin kita tuju. Sedangkan menu timetables digunakan untuk melihat jadwal keberangkatan dan lokasi dari bis, TransJakarta, dan Commuterline. Namun karena aplikasi ini baru saja dirilis masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki. Misalkan pada menu timetables baru tersedia fitur pelacakan lokasi dan rute transportasi hanya untuk TransJakarta.

Sedangkan untuk commuterline baru bisa digunakan untuk melihat pilihan rutenya saja. Untuk menu news and report digunakan untuk memberikan dan melihat laporan kejadian di lokasi. Menu ini bermanfaat bagi pengguna lainnya sebagai pedoman untuk mengetahui kejadian yang terjadi di jalan raya.

Aplikasi yang dikembangkan sejak tahun 2013 ini memiliki tampilan yang menarik. Logonya sangat ikonik sekali menggambarkan transportasi publik. Menunya tersusun secara rapi dengan tampilan berwarna merah. Ketika menginstal aplikasi ini pada perangkat handphone Anda juga tidak memakan ruang yang banyak karena hanya memakai memori kurang dari 10 MB.

Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan ketika offline mode. Jadi bagi Anda yang tidak memiliki paket data maupun akses Wifi tak perlu khawatir karena aplikasi tetap bisa digunakan untuk memantau keberadaan dan mengetahui rute transportasi publik yang ingin Anda gunakan.

Sejauh ini Trafi benar-benar membantu bagi masyarakat yang sering menggunakan transportasi publik. Kedepannya perlu lebih banyak transportasi umum lainnya seperti kereta api untuk melengkapi fitur didalamnya. Jika kita melihat di negara maju, keakuratan waktu tiba dan berangkat transportasi menjadi hal yang utama.

Dengan aplikasi ini permasalahan masyarakat akan ketidakpastian kedatangan dan keberadaan transportasi umum dapat teratasi. Mungkin kedepannya tak hanya masyarakat Jakarta saja yang dapat menikmati aplikasi Trafi ini namun juga di kota-kota besar lainnya yang mobilitasnya tinggi.

(Visited 55 times, 1 visits today)