Saya lihat biaya anggaran untuk hosting website pemerintah sangat fantastis. Entah bagaimana ceritanya misalnya biaya pertahun sampai 10jt. Mungkin si pengelola webnya kurang informasi atau kurang piknik. Padahal untuk sekedar website standar saja dengan kapasitas hosting 500mb saja sudah cukup. Kalaupun tidak cukup bisa ambil yang 1GB.

Untuk diketahui biaya untuk hosting 1GB itu standarnya tidak lebih dari 2jt. Yah pintar-pintar nyari aja vendor yang murah tapi bagus. Banyak yang murah tapi tidak bagus. Kalau saya kebetulan juga punya jasa hosting jadi saya tahu bagaimana kebutuhan konsumen saya.

Untuk menghemat space hosting caranya jangan menyimpan file kapasitas yang besar di dalam hosting. Kalau file tersebut bersifat umum semisal video maka kita bisa upload ke youtube.com nanti ambil kode penyematnya tinggal tempel di situs kita. Begitu juga kalau file nya berupa file dokumen pdf atau doc kita bisa upload ke google drive atau dropbox nanti kita tinggal copy link tautannya untuk dilinkkan dari situs kita.

Dan untuk menghemat bandwith kita bisa pake cloudflare sehingga lebih aman dari serangan hacker (baca Cara seting domain ke cloudflare). Jadi sekarang kita tinggal cari penyedia pembuatan website yang murah dan berkualitas sehingga wesite kita nggak kalah sama webnya pemerintah lain yang sudah populer (baca Biaya pembuatan website pemerintah.

(Visited 299 times, 4 visits today)