Saat anda menginstall template baru wordpress mungkin ada beberapa menu tambahan bawaan template tersebut yang sebenarnya tidak anda butuhkan. Menu tersebut sebenarnya bisa disembunyikan atau dihilangkan.

Menghilangkan menu yang ada di halaman admin wordpress atau frontend juga berguna untuk menyederhanakan tampilan halaman admin tersebut. Jika anda memberikan login admin ke pada klien anda dan agar klien anda tidak bingung dengan banyaknya menu yang sebenarnya tidak dibutuhkan maka sebaiknya menu tersebut anda hilangkan.

Cara menghilangkan menu admin wordpress sebenarnya sangat mudah. Anda cukup edit saja file functions.php yang terdapat dalam folder template yang anda install. Semua template pastilah memiliki file functions.php karena itu file wajib untuk tempalte wordpress.

Kemudian tambahkan kode php pada baris paling bawahnya seperti in:

Yang ada didalam (‘….’) adalah alamat link menu yang ingin dihilangkan. Misal alamat link menu anda http://domainanda.com/wp-admin/edit.php?post_type=feedback maka anda cukup memasukkan (‘edit.php?post_type=feedback’)

Setelah disimpan cobalah lihat maka menu yang anda maksud akan hilang dengan sendirinya.

(Visited 345 times, 1 visits today)